Semarang (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga berpesan kepada anak-anak Indonesia agar terus mengukir prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

"Bunda berharap kalian terus menginspirasi dan kalian terus berprestasi untuk menjadi kebanggaan bangsa dan negara yang kita cintai," kata Bintang Puspayoga di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Bintang Puspayoga meminta agar para perwakilan dari Forum Anak Nasional, Forum Anak Provinsi, Forum Anak Kabupaten/Kota, Fasilitator Forum Anak Nasional, dan Pendamping Forum Anak Provinsi agar memanfaatkan waktu tiga hari ke depan untuk menyusun "Suara Anak Indonesia" yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada Hari Anak Nasional 23 Juli 2023.  

"Kesempatan ini (Forum Anak Nasional) agar dimanfaatkan sebaik-baiknya karena kami selalu percaya bahwa kalian anak-anak Indonesia adalah pelita penerang bagi bangsa, suara kalian adalah berharga," katanya.  

Penyampaian "Suara Anak Indonesia" merupakan agenda rutin dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tahun.

"Kami selalu percaya kaki kaki kecil kalian akan menghantarkan kita semua menuju Indonesia yang dicita-citakan," tutur Bintang Puspayoga.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan tagline #BeraniKarenaPeduli.

Melalui tema dan tagline tersebut, Pemerintah Indonesia mengangkat semangat dan praktik baik dari anak-anak yang berani speak up, sebagai pelopor maupun pelapor (2P) untuk pencegahan perkawinan anak serta kekerasan dan eksploitasi ekonomi terhadap anak.

Sejalan dengan tema tersebut, penyelenggaraan Forum Anak Nasional (FAN) 2023 mengusung tema "Anak Indonesia: Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak".

Baca juga: Jelang Hari Anak Nasional, Forum Anak susun "Suara Anak Indonesia"

Baca juga: Pembukaan Forum Anak Nasional, Menteri PPPA soroti isu perkawinan anak

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri peringatan Hari Anak di Semarang

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023