Palangka Raya (ANTARA) - Tim gabungan baik itu dari Laboratorium Forensik Polri, Bareskrim Polri, Polresta dan Polda Kalteng mengolah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi terbakarnya kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Jumat, mengatakan dari hasil penyelidikan dan olah TKP dari tim labfor dan tim gabungan lainnya akan disampaikan ke awak media apabila sudah ada kesimpulan.

"Untuk saat ini belum ada kesimpulan dan mereka masih melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran tersebut," katanya.

Erlan menuturkan, saat ini juga sudah ada beberapa orang saksi mata dimintai keterangan dari kejadian tersebut oleh penyidik Polresta Palangka Raya.

Dengan adanya keterangan dari beberapa saksi mata, nantinya juga akan dicocokkan dengan hasil olah TKP yang dilakukan oleh tim labfor sehingga asal muasal penyebab api nantinya bisa diketahui.

"Karena tahun ini masuk tahapan Pemilu 2024, maka kejadian ini menjadi atensi Polda Kalteng. Kemudian pola pengamanan juga akan ditingkatkan, agar wilayah hukum Polda setempat bisa aman dan tidak ada gangguan kamtibmas," ucapnya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menegaskan, Polda Kalteng juga akan mengingatkan kepada seluruh polres jajarannya agar mengoptimalkan kegiatan personelnya untuk menjaga kamtibmas di wilayah hukumnya masing-masing untuk menghadapi kegiatan pemilu yang akan dihadapi.

Dengan meningkatkan intensitas pengamanan di wilayah hukum jajaran polres masing-masing, maka hal-hal yang berbau gangguan kamtibmas dapat diantisipasi dengan mudah.

"Pengamanan akan terus di galakan dengan tujuan agar kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalteng tetap terjaga dengan baik. Untuk jam patroli kamtibmas yang sering dilakukan oleh personel kami, akan ditingkatkan lagi," demikian Erlan Munaji.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tim gabungan dari Labfor Polri, Polresta Palangka Raya, Inafis dan Direktorat Kriminal Umum Polda Kalteng melakukan olah TKP di bangunan kantor Bawaslu Kota Palangka Raya yang tinggal puing-puing nya saja.

Baca juga: Kebakaran di kantor Bawaslu Palangka Raya telan kerugian Rp1,2 miliar
Baca juga: Polisi selidiki terbakarnya kantor Bawaslu Kota Palangka Raya

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023