Jadi kenaikan harga yang ada di lapangan saat ini sedang membentuk kesetimbangan baru....
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan fluktuasi harga telur ayam maupun daging ayam di pasaran merupakan proses menuju kesetimbangan baru, karena adanya kenaikan biaya pokok produksi yang membebani produsen.

"Jadi kenaikan harga yang ada di lapangan saat ini sedang membentuk kesetimbangan baru dimana harga telur dan ayam broiler tidak terlepas dari struktur biaya yang membentuk harga di tingkat hilir,” kata Kepala NFA Arief, di Jakarta, Jumat.

Arief mencontohkan mekanisme kenaikan harga dengan naiknya harga DOC (Day Old Chick) yang sebelumnya Rp5.000 saat ini sampai Rp8.000 per ekor. Harga jagung dulu Rp3.150 per kg saat ini Rp5.000 per kg. Bahkan sebelumnya sampai di atas Rp6.000 per kg.

“Oleh karena itu, tugas kita bersama menjaga kewajaran harga di tiga lini, yaitu di tingkat produsen, pedagang, dan konsumen sesuai arahan Bapak Presiden,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan, NFA telah mengeluarkan regulasi yang mengatur kenaikan harga acuan melalui Perbadan 5 Tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengatasi disparitas harga produksi dan harga jual ayam di pasaran.

Bulan Januari 2023, katanya pula, peternak ayam dan ayam petelur sudah banyak merugi dan tutup, karena tidak sesuainya biaya produksi dengan harga jualnya.

“Tentu kita tidak ingin para produsen ini berhenti berproduksi, sebab ketika peternak berhenti berproduksi maka neraca akan defisit kita tidak dapat memenuhi kebutuhan protein dari unggas dari produksi dalam negeri. Ini yang kita hindari,” katanya pula.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan dalam menjaga keseimbangan harga tersebut, pihaknya melakukan sejumlah langkah strategis dan menyeluruh dari aspek hulu hingga hilir.

Selain mengeluarkan regulasi terkait harga acuan, NFA juga mendorong stabilitas pasokan melalui Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) jagung pakan dari daerah surplus di wilayah Sumbawa dan Dompu, Nusa Tenggara Barat ke daerah sentra peternak di Blitar dan Kendal.

Pada saat yang sama, di tingkat hilir pemerintah melalui penugasan kepada BUMN pangan ID FOOD menggelontorkan bantuan pangan berupa telur ayam dan daging ayam kepada 1,4 juta Keluarga Risiko Stunting (KRS) tiga kali di 7 provinsi.

Adanya bantuan tersebut di satu sisi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi khususnya pangan sumber protein dan mendukung penurunan stunting, di sisi lain produk peternak terserap oleh pasar dengan baik.

“Hingga saat ini, realisasi bantuan telur ayam dan daging ayam untuk tahap pertama telah mencapai 98 persen, dan saat ini sedang dalam proses pendistribusian untuk tahap kedua dan ketiga,” ujar dia pula.

Adapun berdasarkan panel harga pangan NFA, dalam sepekan terakhir (14-21 Juli 2023) harga rata-rata nasional daging ayam ras di tingkat produsen stabil Rp23.880 per kg, telur ayam ras turun sekitar 0,34 persen rata-rata Rp26.570 per kg, dan jagung pipilan kering mengalami penurunan 0,21 persen rata-rata Rp4.800 per kg.

Sementara itu di tingkat konsumen daging ayam ras mengalami penurunan 0,53 persen dengan rata-rata Rp37.400 per kg, telur ayam ras turun sekitar 0,36 persen rata-rata Rp30.780 per kg, dan jagung pipilan kering mengalami penurunan 0,16 persen rata-rata Rp6.300 per kg.
Baca juga: BI: Kenaikan harga beras dan telur ayam picu inflasi di DIY
Baca juga: Mendag Zulkifli sebut harga daging ayam dan telur mulai turun


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023