Denhaag (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans mengakui Belanda dan Indonesia berbagai DNA yang sama dan satu sama lain saling membutuhkan.

Hal itu disampaikan Frans Timmermans pada pembukaan Pasar Malam Indonesia 2013, yang berlangsung di lapangan Malieveld, Kota Den Haag, Belanda.

Frans Timmersmans bersama Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, Retno L.P. Marsudi didampingi Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Khrisnamurti secara resmi membuka PMI 2013 yang berlangsung selama lima hari hingga 24 Maret mendatang.

Acara pembukaan PMI 2013 dihadiri sekitar 700 undangan diantaranya mantan Menlu Belanda, Dr. Bernard Bot, Dirjen Kerjasama Eropa Kemlu Belanda, Dirjen Kerjasama Internasional Kemlu Belanda, Dirjen Agro Kementerian Ekonomi Belanda, para politisi dan anggota parlemen/senat Belanda, serta Duta Besar negara sahabat, dan kalangan Media.

Lebih lanjut Menlu Timmermans menegaskan keyakinannya bahwa terdapat peluang besar bagi kedua negara untuk kerjasama ke depan, di mana Indonesia menjadi pintu masuk Belanda ke Asia, dan sebaliknya Belanda menjadi pintu masuk bagi Indonesia ke pasar Eropa.

Sementara itu Duta Besar Retno L. P. Marsudi menyampaikan bahwa kunjungan Menlu Timmermans ke Indonesia sebulan yang lalu merupakan refleksi wajah baru hubungan Indonesia-Belanda.

Dikatakannya kehadiran Menlu Timmermans sebagai tamu kehormatan pada pembukaan PMI 2013 menggambarkan "new spirit" hubungan kedua negara.

Menurut Dubes, penyelenggaraan PMI yang pada tahun ini adalah yang keempat kalinya merupakan refleksi keterikatan sejarah yang kuat antara kedua, sebagaimana pernyataan Menlu Timmermans pada kunjungan ke Indonesia, Februari lalu "Indonesia dan Belanda mempunyai DNA yang sama".

PMI juga merupakan ajang mempromosikan Indonesia Baru, yakni kemajuan-kemajuan di berbagai bidang, khususnya di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi, ujarnya.  "PMI juga berhasil menperkokoh rasa kebangsaan masyarakat Indonesia yang ada di Belanda," ujar Dubes Retno.

Dikatakannya penyelenggaraan PMI mendapat dukungan Kementerian dan dari Pemerintah Daerah, serta perusahaan swasta dan pengusaha kecil dan menengah serta artis Indonesia.

Dikatakannya selama PMI banyak kegiatan lain yang dilakukan seperti pertemuan bisnis dengan Asosiasi Palm Oil Indonesia dan Otoritas Pelabuhan Pelindo 4 serta Badan otoritas Angkasa Pura dua. Selain itu juga digelar seminar mengenai demokrasi yang digelar berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Pembukaan PMI 2013 dimeriahkan dengan penampilan Tari Topeng serta kelompok paduan suara Timutiwa choir serta artis dari Ibukota seperti Harvey Malaiholo, Edo Kondologit, Didi Kempot, Lia Amelia, Ria `Boneka Susan` Enes serta didukung artis dari berbagai provinsi.

Sementara itu Ny Sapta Nirwandar yang ikut dalam kelompok Timutiwa choir mengakui bahwa ikut dan tampil dalam acara pembukaan Pasar Malam Indonesia merupakan suatu kehormatan dan senang bisa menghibur undangan dari berbagai kalangan.

Kehadiran Menlu Frans Timmermans pada pembukaan pasar malam Indonesia merupakan refleksi dari spirit baru hubungan kedua negara, ujar istri wakil menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal yang sama juga disampaikan penyanyi Decha Quin yang senang bisa mengibur para undangan dalam acara pembukaan. "Senang bisa tampil menghibur masyarakat Indonesia yang ada di Belanda yang haus akan hiburan," ujar Decha Quin kepada Antara London.

PMI 2013 yang menampilkan promosi dari berbagai daerah serta UKM di Jakarta seperti Erna's Gallery, Batik Chic serta Srikandi Craft and Jewelry dan juga diluncurkan online directory, Etalase Indonesia yang memperkenalkan kuliner Indonesia di Belanda. (ZG)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013