Daerah-daerah rawan kekeringan hingga mengakibatkan kesulitan air bersih berada di lokasi dataran tinggi.
Lebak (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten memetakan 12 kecamatan masuk daerah rawan kekeringan sehingga dapat mengakibatkan masyarakat di daerah itu kesulitan air bersih.
 
"Kami siap mendistribusikan air bersih jika warga mengalami kesulitan air akibat dampak perubahan iklim El Nino atau kekeringan yang puncaknya Agustus- September 2023," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak, Sabtu.
 
BPBD Kabupaten Lebak kini melakukan pemantauan ke kecamatan yang masuk daerah rawan kekeringan.
 
Pemantauan itu salah satu upaya untuk penanganan jika terjadi kekeringan, terlebih El Nino puncaknya pada Agustus-September mendatang.
 
Namun pihaknya sejauh ini belum menerima laporan warga kesulitan air bersih maupun petani yang mengalami kekeringan.
 
"Kami menyiagakan tiga unit kendaraan mobil tangki jika warga mengalami krisis air bersih," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, BPBD memetakan daerah rawan kekeringan tersebar di 12 kecamatan antara lain Kecamatan Cimarga, Karanganyar, Cibadak, Warunggunung, Sajira, Muncang,Cirinten, Cileles, Banjarsari, Wanasalam, Cihara, dan Leuwidamar.
 
Daerah-daerah rawan kekeringan hingga mengakibatkan kesulitan air bersih berada di lokasi dataran tinggi.
Baca juga: 21 kecamatan di Lebak hadapi kekurangan air bersih
Baca juga: Dinas Pertanian Lebak menyiagakan ratusan pompa hadapi kemarau
 
BPBD Lebak juga melaporkan areal pertanian padi yang mengalami kekeringan kepada Dinas Pertanian setempat.
 
"Kami siaga selama 24 jam menghadapi El Nino untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,"kata Febby.
 
Febby mengatakan masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih karena berbagai faktor di antaranya belum tersentuh jaringan pelayanan PDAM juga ketersedian air bawah tanah terjadi kekeringan yang menyebabkan sumur timba dan 'jetpump' tidak mengeluarkan air.
 
BPBD Lebak juga berharap warga yang belum tersentuh pelayanan PDAM agar bisa terlayani sehingga jika musim kemarau tidak terjadi krisis air bersih.
 
Selain itu juga pemerintah dan masyarakat setiap tahun melakukan gerakan tanam di lahan-lahan milik masyarakat dan hutan untuk penghijauan.
 
Bahkan, pertengahan Juli 2023 Bupati Lebak dengan PT Telkom melakukan reboisasi penghijauan di Kecamatan Lebak Gedong untuk mencegah longsor juga bisa menyimpan resapan air.
 
"Kami terus bergerak dengan menanam aneka tanaman keras agar hutan jangan sampai kritis yang bisa menimbulkan kekeringan dan kesulitan air bersih itu," katanya.
 
Sementara itu sejumlah warga Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak mengatakan pihaknya hingga kini sumur bawah tanah mulai terjadi penyusutan air sejak dua pekan di daerah ini tidak dilanda hujan.
 
"Kami jika terjadi kekeringan akibat iklim El Nino dipastikan akan meminta bantuan pasokan air bersih kepada BPBD setempat,"kata Ujang, warga Wanasalam Kabupaten Lebak.
Baca juga: Penanaman jagung di Lebak dipastikan mundur karena kekeringan
Baca juga: 454 hektare sawah di Lebak Banten gagal panen

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023