Semarang (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama tim panitia seleksi telah membentuk kepengurusan Forum Anak Nasional (FAN) periode 2023 - 2025, seiring dengan berakhirnya masa kepengurusan FAN periode 2021 - 2023.

"Caca (Fransisca) dari Jawa Tengah sebagai ketua. Wakilnya ada Alief dari Bengkulu. Kemudian Nabiel dari Sulawesi Tenggara," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam acara "Penutupan Forum Anak 2023" di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Baca juga: 644 anak ikuti Forum Anak Nasional di Semarang

Rinciannya, Ketua Forum Anak Nasional 2023 - 2025 adalah Fransisca Kristiana Wibowo dari Jawa Tengah, dengan Wakil 1 M. Alief Fadlika Yudhistira dari Bengkulu dan Wakil 2 dijabat Nabiel Musyarraf R. dari Sulawesi Tenggara.

Bintang Puspayoga pun menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan Forum Anak Nasional periode 2021 - 2023 atas segala kontribusi yang luar biasa.

Baca juga: Menteri Bintang pesan anak Indonesia agar terus ukir prestasi

Walaupun kepengurusan Forum Anak Nasional periode 2021 - 2023 diawali pada masa pandemi COVID-19, namun menurut dia, mereka mampu melaluinya dengan sangat baik.

"Kalian tetap bisa menghasilkan Suara Anak Indonesia setiap tahun, walaupun sebagian masih dilakukan secara daring," katanya.

Baca juga: Jelang Hari Anak Nasional, Forum Anak susun "Suara Anak Indonesia"

Bahkan pada 2022, Indonesia juga berhasil menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara internasional ASEAN Children's Forum dengan mendatangkan perwakilan anak-anak dari negara-negara ASEAN untuk berdiskusi menghasilkan Suara Anak ASEAN.

Semua catatan keberhasilan tersebut patut dibanggakan oleh kepengurusan Forum Anak Nasional periode 2021 - 2023.

Baca juga: Pembukaan Forum Anak Nasional, Menteri PPPA soroti isu perkawinan anak

Bintang Puspayoga berharap mereka dapat menyerap pelajaran penting dari semua proses dan dinamika berorganisasi yang terkadang sulit.

"Kalian telah menginspirasi anak-anak Indonesia dengan menunjukkan eksistensi Forum Anak Nasional di masa-masa sulit saat pandemi, bahkan mencatat sejumlah pencapaian penting hingga hari ini," katanya.

Baca juga: Menteri PPPA: Anak-anak adalah kekuatan bangsa Indonesia
Baca juga: Pemkot-FA ajak stakeholder di Surabaya penuhi kebutuhan dan hak anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023