Konflik sosial sudah sering terjadi, dan sudah kita diskusikan dengan petugas keamanan di sana, ada Pak Dandim, Pak Kapolres. Intinya kita bertekad agar kejadian seperti ini tidak terjadi kembali
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memantau langsung pemulihan pasca-konflik sosial yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah.
 
"Saya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, provinsi, dan unsur masyarakat, terutama para pemuka agama, untuk bersama berkolaborasi membangun kembali dan memulihkan kondisi ekonomi masyarakat di Kabupaten Dogiyai ini," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis disiarkan di Jakarta, Senin.
 
Menko Muhadjir mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai dan pihak terkait untuk penanganan pemulihan rumah hunian dan kios warga yang terbakar karena kerusuhan.
 
Pihaknya juga akan mengkoordinasikan kepada pihak terkait perihal pemulihan beberapa ruas jalan yang terhambat serta akses telekomunikasi yang sebagian terputus akibat kerusuhan di Dogiyai.
 
Dia meminta jajaran aparat keamanan bersama pemerintah daerah dan pemuka agama di Kabupaten Dogiyai untuk saling menguatkan dan bahu membahu dalam melakukan pengamanan.

Baca juga: Wapres Ma’ruf sebut kerusuhan di Dogiyai hambat pembangunan Papua
 
"Konflik sosial sudah sering terjadi, dan sudah kita diskusikan dengan petugas keamanan di sana, ada Pak Dandim, Pak Kapolres. Intinya kita bertekad agar kejadian seperti ini tidak terjadi kembali," tuturnya.
 
Selain itu Menko Muhadjir juga hadir dalam rangka memantau langsung program prioritas bidang pembangunan manusia, khususnya penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting.
 
Dalam kunjungan yang dilakukan pada 20 Juli 2023 tersebut Menko Muhadjir didampingi oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, serta sejumlah pejabat dari Kemenko PMK untuk berdialog dengan pejabat dan tokoh masyarakat setempat.
 
Menko Muhadjir berharap situasi di Kabupaten Dogiyai bisa kembali kondusif dan semua aktivitas warga bisa kembali lancar seperti sedia kala.

Baca juga: TNI dan Polri lakukan patroli gabungan pulihkan keamanan di Dogiyai
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023