Saya kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto, tapi mudah-mudahan Pak Jokowi dan keluarganya sehat-sehat selalu
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kehadiran Presiden Joko Widodo pada kegiatan pasar rakyat yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur, Senin, menjadi "magnet" atau daya tarik tersendiri bagi ibu-ibu atau yang  dikenal dengan sebutan emak-emak yang datang pada acara tersebut.

Jokowi yang tiba di Lapangan Rampal sekitar pukul 14.00 WIB untuk meninjau pasar rakyat  tersebut, langsung mendapat sambutan meriah melalui sorakan panggilan para emak-emak yang telah berkumpul sejak pagi.

"Saya datang sejak pagi jam 08.00 WIB, hanya ingin berfoto dengan Pak Jokowi. Namun, saya kecewa sebab sekarang sudah diminta pergi, karena bergantian menerima sembako," kata  Elining yang berasal dari Kawasan Mergosono, Malang.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut banyak kepala daerah ajukan pembangunan tol

Elining tidak datang sendiri di Rampal, melainkan bersama empat rekannya yang juga berniat sama, yakni melihat sosok Presiden Jokowi dari dekat.

Meski kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto bersama Presiden Jokowi, namun Elining tetap mendoakan supaya orang nomor satu di Indonesia itu sehat-sehat selalu.

"Saya kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto, tapi mudah-mudahan Pak Jokowi dan keluarganya sehat-sehat selalu," ujarnya, ibu berjilbab tersebut.

Lain halnya dengan Ibu Rini, asal Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang sempat menangis karena histeris melihat kedatangan Presiden Jokowi.

Rini mengaku bahagia bisa melihat sosok Presiden Jokowi di depannya, sebab selama ini hanya bisa melihat melalui layar televisi dan pemberitaan sejumlah media.

Baca juga: Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo bagikan BLT di Malang

Pada kesempatan itu, Ia juga berharap  kegiatan pasar rakyat yang digelar di Malang bisa dilaksanakan juga di beberapa daerah, agar masyarakat dimudahkan mencari bahan pokok.

Presiden RI Jokowi, dalam kesempatan itu telah memerintahkan pemerintah daerah untuk menggelar pasar rakyat serupa di beberapa wilayah.

Jokowi menjelaskan, pasar rakyat digelar sebagai antisipasi menjaga ekonomi akibat perubahan iklim ekstrem El Nino, dengan menjaga ketersediaan pangan sesegera mungkin.

"Saya telah memerintahkan pada Menteri BUMN, juga gubernur, bupati, wali kota untuk memperbanyak pasar murah,” kata Jokowi, usai meninjau dan menyapa warga di pasar rakyat.

Sementara pada pasar rakyat yang digelar di Lapangan Rampal, sedikitnya ada 3.000 lebih paket sembako yang dibagikan langsung Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca juga: Jokowi sebut pemindahan PT Pindad dilakukan bertahap
Baca juga: Jokowi minta industri pertahanan dalam negeri dikembangkan


Pewarta: Vicki Febrianto/Abdul Malik Ibrahim
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023