Surabaya (ANTARA News) - Tim Indonesia sementara tertinggal 0-2 dari All Star Asia, setelah pada partai kedua, tunggal putra Simon Santoso menyerah kepada pemain All Star Asia Lee Hyun Il 19-21, 21-14, 17-21 dalam  laga penyisihan Piala Axiata 2013, DBL Arena Surabaya, Minggu.

Indonesia tertinggal setelah pada partai pertama, tunggal putri Aprilia Yuswandari takluk kepada Yip Pui Yin, 14-21, 12-21.

Simon yang sebelumnya, diistirahatkan selama dua partai, sebenarnya mampu menekan pada awal game pertama. Namun kegigihan dan konsistensi bermain Lee Hyun Il --yang tampil gemilang di Macau Terbuka 2011--, harus membuyarkan asa Simon Santoso, peringkat 21 dunia.

Simon yang lima tahun lebih muda dari Hyun Il, mampu memulai pertandingan dengan baik, ketika berhasil unggul, 6-2.

Smes keras pemain kidal, Hyun Il mampu dikembalikan secara terukur. Pengembalian Hyun Il yang melambung ke belakang disambar smes Simon dan membuatnya memimpin 8-5.

Namun, Hyun Il berhasil menyusul ketika dia menemukan ritme permainan terbaiknya. Sebuah pengembalian melambung ke belakang, diakhiri Hyun Il dengan smes yang meyamping dan tidak dapat dijangkau Simon membuat kedudukan 13-14 dan terus melaju 16-18.

Skor menjadi imbang 19-19, ketika Hyun Il, yang menjadi punggawa Korea Selatan menjuarai Piala Sudirman 2003, tidak dapat membendung smes Simon. Namun pukulan net Hyung Il yang mengelabui Simon menutup game pertama, 21-19.

Simon, yang meraih juara Indonesia Terbuka 2012, bangkit pada game kedua. Sebaliknya, Lee Hyun Il, beberapa kali melakukan kesalahan dengan pengembalian bola-bola tanggung. Permainan net yang malah jatuh ke bidang sendiri juga beberapa kali membuatnya jauh tertinggal dari Simon. Smes keras Simon yang tak terhadang, menutup game kedua 21-14.

Pada game penentuan, Simon bekerja keras membendung smes-smes dan pengembalian Hyun Il yang semakin jeli, namun Hyun Il tampil konsisiten dan berhasil memenangi pertandingan menyudahi game terakhir 21-18.

Selanjutnya, ganda campuran Muhammad Rijal-Debby Susanto akan melawan Tarun Kona-Ashwini Ponnapa, dan Angga Pratama-Ryan Saputro dijui Bao Chun Lai-Zheng Bo.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013