Depok (ANTARA) - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) berkomitmen untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu administrasi dan kebijakan dengan memberikan pelatihan pemasaran digital  bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Depok, Jawa Barat.

Melalui Klaster Riset Institusi Keuangan (Inskeu) FIA UI menyelenggarakan Mini Workshop dan Pendampingan IKM Depok yang bekerja sama dengan berbagai mitra, di antaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Kota Depok, Anteraja, Titipaja, SFI, dan Fixaja.

"Klaster Riset Inskeu FIA UI difokuskan pada peran kelembagaan keuangan dalam meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan bisnis dan perusahaan-perusahaan sektor publik, baik di tingkat pusat terutama di tingkat daerah dalam pendanaan, investasi, dan alokasi aset," kata Ketua Klaster Riset Inskeu FIA Prof. Bernardus Yuliarto Nugroho, di Kampus UI Depok, Selasa.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari komitmen kami untuk mewujudkan misi untuk menciptakan IKM Depok yang memiliki daya saing kreatif, kompetitif, inovatif dan solutif.

Dengan mengangkat tema “Go Digital, Go National”, kegiatan ini memberikan pelatihan kepada para pelaku IKM Depok tentang berbagai pengetahuan mengenai penjualan, pemasaran dan layanan.

Pelatihan ini diberikan langsung oleh Anteraja, Titipaja dan Fixaja sehingga diharapkan para IKM mampu melakukan ekspor demi peningkatan pendapatan dan keuntungan. Beberapa topik yang dibicarakan diantaranya adalah pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan, pemasaran digital, influencer marketing, dan affiliate marketing.

Prof. Bernardus menyampaikan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari hasil wawancara mendalam sebelumnya yang telah dilakukan pada 2022 lalu kepada 10 pelaku IKM Depok.

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan sebuah wadah untuk berdiskusi sejauh mana optimalisasi penjualan, pemasaran. dan layanan yang dilakukan oleh IKM Depok dan nantinya akan dilanjutkan dengan pendampingan terkait digital marketing oleh FIA UI.

Selanjutnya, lanjut dia,  program pendampingan akan dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing IKM.

"Program pendampingan ini untuk mengasah, mempertajam dan meningkatkan keterampilan serta kompetensi yang telah dan perlu mereka miliki sehingga semakin siap untuk memasuki pasar ekspor dan membangun IKM yang memiliki daya saing dengan pemahaman mengenai pentingnya berbisnis dengan memanfaatkan teknologi,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok Dudi Miraz mengatakan, kegiatan pendampingan terhadap para pelaku IKM di Depok merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan IKM agar semakin kompetitif dan siap melakukan ekspor. Diharapkan ke depannya jumlah IKM akan terus meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sementara itu, VP Business Process Management Anteraja Dr. Ganesha Bayu Murti berharap acara ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baik bagi para IKM Depok agar dapat meminimalisir segala kesulitan yang dialami pelaku IKM.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023