"Konferwil XI NU Lampung ini yang pertama di Indonesia untuk PWNU klasifikasi A dengan peserta terbanyak dan sistem baru hasil dari Muktamar PBNU ke-34 sehingga ini akan menjadi contoh, role model, bagi PWNU lainnya,"
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Panitia Pelaksana Konferensi Wilayah (Konferwil) XI Nahdlatul Ulama (NU) Lampung Prof Alamsyah mengatakan bahwa Konferwil NU Lampung akan menjadi contoh bagi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di daerah lain.

"Konferwil XI NU Lampung ini yang pertama di Indonesia untuk PWNU klasifikasi A dengan peserta terbanyak dan sistem baru hasil dari Muktamar PBNU ke-34 sehingga ini akan menjadi contoh, role model, bagi PWNU lainnya," kata Prof Alamsyah, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pada Konferwil ini, pemilihan Ketua PWNU Lampung ini tidak hanya melibatkan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) tetapi juga Majelis Wakil Cabang NU (MCWNU) yang berada di tingkat kecamatan di provinsi ini.

"PWNU Lampung sebagai salah satu PWNU klasifikasi A atau Kelas I di Indonesia, maka harus menjadi PWNU dengan struktur ke bawahnya menjadi sebuah perkumpulan organisasi yang mandiri secara ekonomi dan sosial politik. Di sinilah tema besar PWNU untuk memenuhi persyaratan kelas A atau Level Satu," kata dia.

Oleh karena itu, ia pun meminta dukungan dari kalangan masyarakat, lembaga, organisasi, birokrasi pemerintahan, pendidikan, agar Konferwil XI NU Lampung yang pertama di Indonesia dengan model baru untuk klasifikasi A ini bisa berjalan baik dan sukses pelaksanaannya.

Pada sisi lain, ia pun menyebutkan bahwa dalam konferwil ini akan terdapat pembahasan terkait keorganisasian dan masalah-masalah sosial keagamaan.

"Untuk keorganisasian akan membahas sosialisasi sekaligus bagaimana organisasi NU yang modern menjadi struktur yang berjalan efektif dari pusat sampai ke bawah. Membahas bagaimana NU menjadi organisasi yang hidup, bergerak dinamis, dan mandiri, termasuk tentang peraturan-peraturan," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, terkait masalah-masalah sosial keagamaan, Konferwil akan membahas pengembangan pemahaman agama dan perilaku berbangsa yang moderat, tidak berafiliasi dan terpapar radikalisme.

"Ada juga membahas masalah kesehatan, tapi tidak undang-undang kesehatannya," katanya.

Diketahui bahwa pada Konferensi Wilayah (Konferwil) XI Nahdlatul Ulama (NU) Lampung terdapat 964 peserta undangan resmi dari unsur Pengurus Cabang (PC) NU dan Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU se-Provinsi Lampung ini. Namun pemilihan Ketua PWNU Lampung hanya 241 suara dari perwakilan PCNU dan MWNU.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023