Makassar (ANTARA) - Ikatan Pengusaha Wahdah Islamiyah (IPWI) sinergi Pemkot Makassar membangun ekonomi keumatan dalam kegiatan Umat Fest 2023.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang menerima kunjungan dari penyelenggara Umat Fest 2023 menyambut hangat rencana tersebut dan siap bersinergi dalam membangun ekonomi masyarakat.

"Ini perlu didukung penuh dan kami pun punya program bagaimana membangun ekonomi ummat, ekonomi masyarakat," ujarnya.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan festival seperti itu perlu mendapat dukungan dan pihaknya mengajak seluruh komponen umat Islam dapat bergabung dalam acara tersebut.

Selain itu, ia menilai umat Islam mesti memiliki jejaring bisnis yang bagus demi terciptanya pasar dan bisnis yang sesuai format keislaman.

Ia menuturkan, event itu sangat tepat dalam mendukung branding Makassar Kota Makan Enak yang baru saja diluncurkan dan sudah mendapat perhatian besar dari berbagai pihak.

"Insya Allah ini menjadi perjuangan paling nyata dalam mengikuti dan mencontohi Rasulullah SAW. Semoga acara ini juga diliputi keberkahan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Umat Fest 2023 Ashari mengatakan festival ini tentunya mendukung branding Kota Makassar yakni Makassar Kota Makan Enak. Apalagi, kata dia, etengah dari peserta merupakan pengusaha kuliner.

"Insya Allah yang hadir ini 50 persen pengusaha kuliner jadi itu sangat menunjang branding Makassar Kota Makan Enak," kata Ashari.

Pihaknya pun menargetkan pengunjung festival mencapai hingga 1.000 orang dalam lima hari kegiatan.

Ke depan, pihaknya mengupayakan kolaborasi dengan Pemkot Makassar dalam hal pembinaan UMKM yang memadukan ilmu bisnis juga agama.

Hal ini sebagai upaya membentuk karakter entrepreneurship dan pribadi muslim yang kuat secara akidah dan kuat secara ekonomi.

"Alhamdulillah pak wali mendukung. Selanjutnya akan diundang juga UMKM yang dibina oleh Pemkot Makassar dalam program ini," ujarnya.

Termasuk, kata dia, dengan mengadakan 100 UMKM/Tenant yang merupakan UMKM lokal juga binaan Pemkot Makassar.

Event itu akan dilaksanakan di Mall Pippo pada 9 sampai 13 Agustus 2023. Selain itu, kegiatan dirangkaikan juga dengan Tabligh Akbar, Talk Show Bisnis, berbagai lomba dan pameran usaha.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023