Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur meluncurkan program Sinergi Kolaborasi Untuk Akselerasi Layanan Dasar (Skala) kemitraan pemerintah Australia-Indonesia dengan fokus penguatan elemen strategis sistem pemerintahan guna mendukung pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyambut baik terhadap program Skala yang dilakukan pemerintah Australia, sehingga bisa membantu pemerintah NTT dalam menyiapkan berbagai kebijakan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang lebih memadai," kata Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Kosmas D Lana dalam peluncuran program Skala kemitraan Australia-Indonesia di Kupang, Selasa.

Baca juga: Gradiant Tingkatkan Keberlanjutan Pertambangan Melalui Kemitraan dengan SLB, Rio Tinto, dan Perusahaan Tambang Australia

Program Skala di Provinsi Nusa Tenggara Timur difokuskan pada penguatan elemen strategis sistem pemerintahan daerah seperti perumusan kebijakan, perencanaan, penganggaran berbasis bukti, manajemen keuangan publik dan penguatan perspektif dan pengarusutamaan kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial.

Menurut Kosmas D Lana program Skala yang dilakukan selama delapan tahun di NTT itu diharapkan bisa berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTT menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Kemitraan Australia-Indonesia jangkau vaksinasi 231 desa di Jateng

"Pemerintah NTT terus mendorong agar IPM daerah ini menjadi meningkat, sehingga dengan adanya program ini bisa membantu pemerintah dalam mempercepat peningkatan IPM NTT yang saat ini berada pada posisi 65,90 persen ," kata Kosmas D Lana dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni.

Dia mengatakan upaya yang dilakukan Pemerintah NTT dalam meningkatkan IPM dengan membuat master plan pendidikan sehingga melalui program yang dilakukan melalui Skala bisa diketahui apa saja yang telah dilakukan dan belum direalisasikan sehingga bisa dibenahi untuk mendukung capaian IPM NTT berada pada posisi 70 persen.

Baca juga: Australia beli tiga kapal selam di bawah kemitraan AUKUS

Sementara itu Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Steve Scoot mengatakan, program Skala yang dilakukan di NTT lebih fokus pada kegiatan penguatan kapasitas bagi aparatur pemerintah pengambil kebijakan.

Pemerintah Australia kata melihat indikator-indikator pembangunan yang dilakukan di NTT perlu dukungan sehingga pemerintah lebih fokus dalam pembangunan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat sehingga pembangunan ekonomi masyarakat NTT semakin kuat.

Baca juga: Pekalongan-Kemitraan Australia sasar pekerja vaksinasi inklusif
Baca juga: Pekalongan-Kemitraan Australia Indonesia giatkan vaksinasi inklusif

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023