Mao menambahkan bahwa China yakin Kamboja akan menorehkan pencapaian yang lebih besar lagi dalam pembangunan nasionalnya dan membawa lebih banyak manfaat bagi rakyatnya.
Beijing (ANTARA) - China menyampaikan ucapan selamat kepada Partai Rakyat Kamboja (CPP) atas kemenangan mereka di pemilu nasional negara itu.

Juru Bicara Kemenlu China Mao Ning menyampaikan pernyataan itu dalam sebuah konferensi pers rutin saat diminta mengomentari kemenangan CPP dalam pemilu nasional ketujuh Kamboja.

"Sebagai negara tetangga sekaligus sahabat baik, kami mengucapkan selamat atas kelancaran penyelenggaraan pemilu ketujuh di Kamboja. Kami mengucapkan selamat kepada CPP yang telah memenangkan pemilu di bawah kepemimpinan ketuanya, Samdech Hun Sen, serta berharap Kamboja berhasil membentuk Majelis Nasional dan pemerintahan baru," kata Mao.

Mao menambahkan bahwa China yakin Kamboja akan menorehkan pencapaian yang lebih besar lagi dalam pembangunan nasionalnya dan membawa lebih banyak manfaat bagi rakyatnya.

Mao mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, di bawah bimbingan strategis para pemimpin China dan Kamboja, hubungan China-Kamboja mencatatkan momentum yang kuat. Hubungan bilateral itu ditandai dengan rasa saling percaya yang tinggi, kerja sama yang erat, dan sikap saling mendukung. Kedua negara berkontribusi bagi kerja sama regional serta kesetaraan dan keadilan internasional.

"Kami menjadi contoh yang baik dari persahabatan dan manfaat bersama antarnegara," ujarnya, seraya menyebut bahwa tahun ini menandai peringatan 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Kamboja dan Tahun Persahabatan China-Kamboja.

"Kami akan bekerja sama dengan Kamboja untuk terus mempertahankan persahabatan yang sudah lama terjalin ini dan mempercepat upaya untuk membangun komunitas China-Kamboja yang berkualitas tinggi, berlevel tinggi, dan berstandar tinggi dengan masa depan bersama untuk era baru guna memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa," tutur Mao. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023