Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian setempat menyalurkan pangan bersubsidi kepada masyarakat di 11 pulau berpenduduk setiap bulan.

"Jadi dari Sudin KPKP sudah menjalankan program pemberian pangan bersubsidi yang biasanya kita lakukan setiap bulan," kata Kepala Seksi Ketahanan Pangan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Parsan di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Selasa.

Dia menambahkan, ada beberapa jenis bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat melalui program pangan bersubsidi tersebut. Antara lain beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan kembung dan susu.

Penerima manfaat program pangan bersubsidi itu bisa membeli tujuh jenis bahan pokok tersebut dengan potongan harga, dari Rp325 ribu menjadi Rp124 ribu.

Saat ini di Kepulauan Seribu terdapat sekitar 3.400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdiri atas keluarga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) yang memperoleh Upah Minimum Regional (UMR).

Selain itu pemegang Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah (oemda) untuk memperkuat dan memperbanyak anggaran pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sebagai langkah mengantisipasi dampak fenomena cuaca El Nino.

Menurut Presiden Jokowi, anggaran penyediaan bantuan sembako harus didahulukan karena menyangkut dampak El Nino yang berpotensi mengganggu ketahanan pangan.
Baca juga: Pos Indonesia percepat penyaluran bantuan beras ke Kepulauan Seribu
Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu instruksi tanam sukun untuk ketahanan pangan

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023