Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI Agustiar Sabran meminta para atlet, wasit, dan panitia penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah XII/2023 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, agar menjunjung tinggi sportivitas dan "fair play".

"Saya mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet dari 14 kabupaten dan satu kota di Kalteng dan junjung tinggi sportivitas dan 'fair play'," kata Agustiar Sabran saat dihubungi ANTARA, Selasa malam.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalteng tersebut menuturkan pelaksanaan Porprov Kalteng mengutamakan ajang dan mempererat tali silaturahim antara atlet yang berasal dari provinsi ini dalam semangat "Huma Betang".

Penyelenggaraan Porprov Kalteng, katanya, dapat memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, membangun karakter bangsa, meningkatkan ketahanan nasional, menjaring bibit atlet potensial atau berbakat, meningkatkan prestasi olahraga daerah, tolok ukur pembangunan, dan pembinaan keolahragaan daerah.

Ia mengatakan Porprov Kalteng merupakan seleksi menuju babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dan kegiatan besar lainnya di mana atlet terbaik berhak mewakili provinsi ini mengikuti ajang besar ke depan serta mampu bersaing dengan daerah lain.

Baca juga: Pemkab Kotim minta Kemenpora bantu fasilitas Porprov Kalteng
Baca juga: DPR RI: Turnamen voli tingkat nasional jadi pelecut atlet daerah

"Selain itu, sebagai wujud realisasi pembinaan prestasi olahraga di seluruh kabupaten atau kota se-Kalteng, termasuk sebagai motivator penggerak kegairahan masyarakat untuk berolahraga guna mencapai tingkat kebugaran masyarakat dengan berolahraga," bebernya.

Ia berharap panitia penyelenggara mampu menjadi tuan rumah yang baik. Tunjukkan bahwa ini adalah pertandingan murni berdasarkan potensi dan kemampuan atlet agar dapat memberikan semangat para atlet bahwa ini tidak ada rekayasa apa pun  untuk mencapai kemenangan atlet atau tim tertentu.

Dia mengatakan Porprov Kalteng tidak hanya memberikan ruang bagi atlet untuk berprestasi, tapi juga menjadi wahana mencetak atlet hebat. Para atlet yang meraih gelar juara berpeluang mendapat tiket untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

"Ini adalah pintu masuk untuk menunjukkan bahwa Kalteng mampu menyajikan dan memberikan kontribusi olahraga nasional,” paparnya.

Sementara itu, Poprov Kalteng XII 2023 yang dilaksanakan di Kota Sampit akan dibuka secara resmi pada hari Rabu (26/7).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim sebagai tuan rumah telah melakukan persiapan optimal, baik untuk venue cabang olahraga maupun pembukaan yang akan digelar di Stadion 29 November.
 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023