Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Selasa (25/7) kemarin mulai dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menargetkan proyek pembangunan base transceiver station (BTS) 4G akan selesai pada 2023 hingga memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM) kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa melalui Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD). Berikut lima peristiwa politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:
 
1. Budi Arie temui Jokowi sampaikan pembangunan BTS akan rampung 2023

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan dirinya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa proyek pembangunan base transceiver station (BTS) 4G akan selesai sesuai rencana pada 2023.

"Nanti ada progres-nya, nanti penuh kejutan. Tenang saja dan kita sudah bilang Bapak Presiden, ‘yakin pak tahun ini akan tuntas’," kata Budi Arie setelah diterima Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

2. Menkominfo: "Publisher rights" tinggal tunggu penetapan Presiden

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan peraturan terkait Publisher Rights atau Hak Penerbit tinggal menunggu ketetapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Budi Arie saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya telah menandatangani naskah atau draft peraturan Publisher Rights dan menyerahkan kepada Kementerian Sekretariat Negara.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
3. PPP yakin elektabilitas Ganjar jadi teratas

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meyakini elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan menjadi yang teratas apabila partai mulai bergerak maksimal.
 
"Insyaallah, Mas Ganjar akan leading (memimpin) ketika kita bergerak serentak," kata Juru Bicara PPP Usman M. Tokan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
4. Yasonna promosi kebebasan beragama di Indonesia ke parlemen Inggris

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly mempromosikan kebebasan beragama di Indonesia kepada anggota parlemen Inggris Fiona Bruce.
 
Yasonna mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia memberikan perlindungan HAM dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kebebasan beragama.
 
"Indonesia merupakan negara muslim terbesar dan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, yang terus mempromosikan dan melindungi HAM dari berbagai aspek kehidupan, termasuk kebebasan beragama," kata Yasonna dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya klik di sini.

5. Ditjen Bina Pemdes perkuat kapasitas kader PKK melalui P3PD
 
Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa, melalui Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).
 
Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro, dalam keterangan diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan gerakan PKK merupakan salah satu gerakan sosial kemasyarakatan, yang memiliki potensi positif dalam mendukung pelaksanaan pembangunan.
 
"Seyogianya, gerakan PKK dalam merencanakan program dan kegiatan selaras dengan prioritas program dan kegiatan nasional maupun daerah dengan tidak mengesampingkan program dan kegiatan gerakan PKK yang telah disepakati dan digariskan secara nasional," ucap dia.
 
Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023