Kunming, China (ANTARA) - Perjalanan penumpang kereta melalui Jalur Kereta China-Laos, mulai Selasa (25/7), bisa dipersingkat lebih dari satu jam berkat prosedur bea cukai yang lebih cepat untuk para penumpang lintas perbatasan.

Sebelumnya, perjalanan dari Kunming ke Vientiane, ibu kota Laos, melalui jalur kereta sepanjang 1.035 km itu memakan waktu 10,5 jam, termasuk waktu yang dihabiskan untuk melewati prosedur bea cukai.

Berdasarkan diagram operasional kereta yang telah ditingkatkan, waktu tempuh tersebut kini berkurang 64 menit berkat pemfasilitasan prosedur bea cukai bagi penumpang dalam layanan kereta api internasional itu.

Kereta Api China-Laos, yang memulai layanan penumpang lintas perbatasan pada April tahun ini, tercatat telah mengangkut 41.735 penumpang dari 49 negara dan kawasan hingga Sabtu (22/7), bertepatan dengan hari operasionalnya yang ke-100.

Dari total jumlah tersebut, angka penumpang inbound 12,2 persen lebih banyak dibandingkan penumpang outbound, yakni mencapai 22.066 orang dengan 54 persen di antaranya adalah wisatawan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023