Layanan ini baru satu-satunya dari lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia
Magelang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo, Jawa Tengah, membuka layanan perpanjangan izin tinggal kunjungan warga negara asing (WNA) pada destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur.

"Layanan ini baru satu-satunya dari lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia," kata Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo Ari Widodo di Magelang, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai sosialisasi dan soft launching layanan perpanjangan izin tinggal kunjungan WNA pada destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur.

Ari menuturkan kawasan wisata Candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang yang merupakan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo.

Candi Borobudur merupakan warisan budaya dunia sehingga banyak wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung.

Baca juga: Imigrasi Wonosobo tolak puluhan pemohon paspor calon TKI nonprosedural

"Layanan ini mendukung program pemerintah dengan membuat inovasi yang memberikan kemudahan pelayanan keimigrasian khususnya kepada WNA dari negara subjek VOA dan EVOA," katanya.

Ia menyebutkan selama uji coba layanan ini sejak awal Juli 2023, ada 20an turis asing yang melakukan perpanjangan izin tinggal kunjungan di Candi Borobudur.

"Saat ini mungkin belum terlalu banyak yang memanfaatkan, mudah-mudahan kalau sudah dipublis bisa lebih optimal," katanya.

General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi menyampaikan kolaborasi antara TWC dengan kantor Imigrasi ini suatu hal yang positif.

"Destinasi pariwisata super prioritas Borobudur ini traffic kunjungan wisatawan banyak, Kantor Imigrasi hadir di Borobudur untuk memberikan layanan jemput bola, saya kira bagi wisatawan ini sesuatu yang positif, mereka tidak repot-repot lagi misalnya visa izin tinggal kunjungannya sudah hampir habis bisa diperpanjang sekaligus berwisata ke Borobudur," katanya.

Baca juga: Luhut targetkan Borobudur jadi sumber penerimaan negara yang besar
Baca juga: Sandi: Tarif masuk Borobudur WNA mahal diiringi peningkatan layanan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023