"Jika tidak ada kendala, kirab Pemilu 2024 ini akan melintasi Kabupaten Rejang Lebong pada 9 Agustus, dan pada 10 sampai 14 Agustus akan diarak dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong,"
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan persiapan penyambutan peserta kirab Pemilu 2024 jalur I wilayah Sumatera pada 9 Agustus mendatang.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan kirab Pemilu 2024 tersebut akan berkeliling dalam wilayah itu guna menyosialisasikan pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun depan terhitung 10 hingga 14 Agustus mendatang.

"Jika tidak ada kendala, kirab Pemilu 2024 ini akan melintasi Kabupaten Rejang Lebong pada 9 Agustus, dan pada 10 sampai 14 Agustus akan diarak dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk menyambut kedatangan rombongan kirab Pemilu 2024 ini mereka sudah mempersiapkan berbagai keperluan guna menyambut serta memfasilitasi kedatangan peserta kirap.

"Peserta kirab Pemilu 2024 ini akan disambut di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong setelah tiba dari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi," terangnya.

Menurut dia, pada pelaksanaan kirab Pemilu 2024 nantinya Kabupaten Rejang Lebong akan menjadi titik ke 30 pada jalur l yang di mulai dari Provinsi Aceh dan akan melalui 44 kabupaten dan kota dari 514 kabupaten/kota di Tanah Air.

Kegiatan yang bakal digelar dalam kirab Pemilu 2024 ini diantaranya sosialisasi di sekolah, di pasar hingga di tempat-tempat yang strategis dengan melibatkan panitia adhoc yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Sejauh ini persiapan yang dilakukan KPU Rejang Lebong untuk menyambut kedatangan peserta kirab dari berbagai daerah ini, tambah dia, saat sudah hampir rampung dan tinggal penyiapan suvenir bagi peserta yang mengikuti kirab di wilayah itu.

Dia berharap dengan adanya kirab Pemilu 2024 yang melintasi daerah itu nantinya dapat menyosialisasikan dan menyemarakkan pemilu serentak dan juga meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023