Batam (ANTARA) - Sebanyak 367 haji asal Provinsi Kalimantan Barat yang tergabung dalam Kloter 25 Debarkasi Hang Nadim Batam tiba di Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau.

Ketua Kloter BTH 25 Syaiful Bahry di Batam, Rabu, mengatakan terdapat seorang haji meninggal dunia di Mekkah karena sakit.

"Pada awal keberangkatan jamaah kita ada 368 orang. Namun, saat di Mekkah ada satu orang yang meninggal dunia karena sakit," kata dia.

Selain jamaah haji asal Kalbar, terdapat dua haji yang mutasi masuk ke kloter 25.

Kepala Bidang Pemberangkatan dan Penerimaan Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam Edi Batara menyampaikan jamaah haji asal Kalbar tergabung dalam tujuh kloter.

"Hari ini untuk kloter satu bagi Kalbar dan secara keseluruhan merupakan Kloter 25 Debarkasi Batam," kata dia.

Baca juga: 3.914 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah pulang ke tanah air

Berdasarkan jadwal, jamaah haji kloter 25 akan kembali ke Pontianak pada Kamis (27/7) yang terbagi dalam dua penerbangan melalui Bandara Hang Nadim Batam.

"Insyaallah besok (27/7) jamaah berangkat dan ada dua penerbangan. Yang pertama jam 12 siang dan yang kedua jam empat sore menuju Pontianak," ujar dia.

Ia mengatakan secara keseluruhan jamaah haji asal Debarkasi Batam yang meninggal dunia di Tanah Suci 43 orang.

"Jamaah yang meninggal dunia di antaranya asal Jambi dua orang, Kalbar sembilan orang, Riau 23 orang, dan Kepri dua orang," ujar Edi.

Baca juga: PPIH: Tambah 1, jamaah haji Aceh meninggal di Arab Saudi jadi 12 orang
Baca juga: Dishub Gorontalo kerahkan 22 bus jemput 391 haji dari bandara
Baca juga: 347 haji Kloter 20 tiba di Medan dan seorang wafat


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023