Kami di sini untuk membangun hubungan antara kedua negara sehingga kita bisa bekerja sama untuk menyelesaikan perbedaan,
Jakarta (ANTARA) - Komandan Armada ke-7 USS Blue Ridge (LCC 19) milik Amerika Serikat Kapten Dale Gregory Jr. mengatakan bahwa kunjungan USS Blue Ridge ke Indonesia untuk memperkuat hubungan antara kedua negara.

“Kami di sini hari ini bukan untuk pelatihan. Kami di sini untuk membina dan membangun hubungan tidak hanya dengan masyarakat Indonesia, tetapi juga Angkatan Laut Indonesia dan anggota lainnya di industri pertahanan,” kata Kapten Dale Gregory Jr. dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Gregory Jr. juga mengatakan bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dengan masyarakat Indonesia dan menghormati demokrasi Indonesia.

“Kami menghormati demokrasi dan menantikan sistem berbasis aturan internasional sehingga perdagangan dan ekonomi dapat tumbuh bersama,” kata Gregory Jr.

Dia melanjutkan, USS Blue Ridge sedang melakukan patroli musim panas, dan sudah menjadi tugas mereka untuk bekerja sama dengan mitra di kawasan serta melakukannya sesuai dengan hukum internasional.

“Kami di sini untuk membangun hubungan antara kedua negara sehingga kita bisa bekerja sama untuk menyelesaikan perbedaan,” ujar Gregory Jr.

Kapal Komando Armada ke-7 milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Blue Ridge, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dalam rangka kunjungan persahabatan pada Rabu.

USS Blue Ridge telah bertugas sebagai kapal komando Armada ke-7 Amerika Serikat sejak tahun 1979.

Kapal seberat 18.500 ton tersebut merupakan kapal komando dengan fasilitas elektronik yang sangat canggih yang memungkinkan komandan armada dan staf melakukan operasi jarak jauh dari sekitar wilayah kapal tersebut berada.

USS Blue Ridge adalah satu-satunya kapal di Angkatan Laut AS yang terus menjadi tuan rumah bagi komandan armada dan staf sepanjang tahun dan dapat berfungsi sebagai Commander Joint Task Force (CJTF) ketika kepentingan nasional membutuhkan.

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023