Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (26/7), mulai dari Presiden Joko Widodo melantik 833 orang perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut belum mengetahui soal kericuhan dalam diskusi Generasi Muda Partai Golkar.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden Jokowi melantik 833 perwira remaja TNI dan Polri

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2023 sekaligus melantik 833 orang perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Presiden Joko Widodo mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Airlangga belum tahu kericuhan diskusi organisasi sayap Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut belum mengetahui soal kericuhan dalam diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk "Selamatkan Partai Golkar! Menuju Kemenangan Pileg 2024".

"Waduh saya belum tahu," kata Airlangga di Lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. AU Prancis singgah di Jakarta usai lakukan Misi Pegase 2023

Angkatan Udara Prancis atau France Air and Space Force (FASF) tiba di Jakarta usai menyelesaikan misi proyeksi kekuatan jarak jauh di zona Indo-Pasifik (Misi Pegase 2023) pada Senin (24/7).

Pesawat yang mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma itu terdiri atas enam pesawat tempur Rafale, empat pesawat angkut Airbus A400M, dan tiga pesawat pengisi bahan bakar atau tanker A330 MRTT milik Angkatan Udara Prancis.

Selengkapnya baca di sini.

4. Ketua KPU RI lantik anggota KPU di 25 kabupaten/kota

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari melantik anggota KPU di 25 kabupaten/kota di lima provinsi se-Indonesia periode 2023-2028.

"Persiapkan diri sebaik-baiknya, untuk meyakinkan kepada semua pihak, bahwa KPU siap dan pantas menjadi pusat kepemiluan," katanya di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Ketua Bawaslu RI lantik anggota Bawaslu di 28 provinsi

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja melantik dan mengambil sumpah 71 anggota Bawaslu di 28 provinsi se-Indonesia.

"Kami ucapkan selamat kepada yang dilantik dan terima kasih kepada yang telah purnatugas " katanya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023