Beijing (ANTARA) - Peran China dalam mendorong kerja sama Selatan-Selatan dipuji oleh para partisipan Forum Beijing tentang Pembangunan dan Kerja Sama Emerging Market dan Negara-Negara Berkembang (EMDC).

"Kerja sama antara China, Amerika Latin, dan Benua Afrika telah menghasilkan pergeseran positif dalam lanskap geopolitik untuk emerging market dan negara-negara berkembang," kata peneliti senior di Departemen Linguistik dan Bahasa Modern Seksi Bahasa Mandarin di Universitas Afrika Selatan Paul Zilungisele Tembe ketika berbicara dalam forum tersebut.

Mengusung tema "Mempromosikan Solidaritas dan Kerja Sama, Membangun Momentum untuk Pertumbuhan", forum yang diselenggarakan di Beijing pada Selasa (25/7) itu dihadiri 300 lebih perwakilan dari pemerintah, asosiasi industri, wadah pemikir (think tank), organisasi media, dan bisnis dari seluruh dunia.

"Kebangkitan China telah memberikan contoh positif yang saat ini sedang ditiru oleh sebagian besar negara emerging market," ujar Tembe.

Tembe menilai "emerging market" dan perekonomian negara berkembang menempati ruang periferal dalam ekonomi global di masa lalu. Namun menurut dia, kebangkitan China sebagai perekonomian terbesar kedua di dunia telah memberikan kesempatan bagi mayoritas negara berkembang untuk berpartisipasi dan memberikan pengaruhnya di kancah internasional.

Direktur Eksekutif Federasi Kamar Dagang dan Industri India Atul Dalakoti menilai China saat ini memainkan peran penting melalui kerja sama dengan negara-negara di seluruh dunia dalam hal kerja sama ekonomi, serta membantu mereka dalam pembangunan infrastruktur.

Dalakoti menjelaskan bahwa perkembangan ekonomi global memiliki dua mesin pertumbuhan yang kuat, yaitu China dan India. Kedua emerging market dan negara berkembang tersebut menciptakan keajaiban ekonomi yang kini membantu dunia maju mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

Presiden Asosiasi Rakyat China untuk Persahabatan dengan Negara-Negara Asing (CPAFFC) Lin Songtian mengatakan bahwa China berkomitmen untuk memajukan Kerja Sama Selatan-Selatan dan dialog Utara-Selatan, serta memperjuangkan kepentingan bersama negara-negara berkembang dan globalisasi ekonomi, agar dapat mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Lin mengatakan bahwa CPAFFC akan menggunakan forum ini sebagai kesempatan untuk membangun lebih banyak "platform" bagi pertukaran dan kerja sama non-pemerintah maupun lokal untuk China dan EMDC lainnya.

Forum yang diselenggarakan bersama oleh Kantor Berita Xinhua, pemerintah kota Beijing, dan CPAFFC ini bertujuan untuk membangun sebuah platform kelas atas bagi kerja sama EMDC yang praktis, luas, dan mendalam.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023