Ini memberikan daya tahan lebih canggih atau lebih tinggi 25 persen
Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics kembali merilis produk terbaru dari lini ponsel pintar lipat mereka, yakni Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5, menawarkan sejumlah peningkatan pada sisi desain dan keandalan guna memberikan pengalaman lebih baik bagi para penggunanya.

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi di Jakarta, Kamis, menjelaskan bahwa peningkatan pertama yang menonjol adalah teknologi hinge yang dihadirkan pada kedua ponsel pintar ini.

"Pertama, adanya teknologi hinge yang kita upgrade yang kita sebut dengan nama 'Flex Hinge'. Di sini dengan hadirnya dual rail di bagian kiri dan kanan ini memungkinkan layar dapat melipat secara sempurna tanpa harus khawatir layar tersebut harus pecah ataupun retak," kata Ricky.

Dia menuturkan fleksibilitas sudutnya yang tidak terlalu lancip membuat layar lebih aman dari risiko kerusakan. Selain itu, teknologi ini menghasilkan "zero gap," memberikan tampilan yang lebih halus dan seamless.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 resmi meluncur global
Tampilan teknologi "Flex Hinge'" pada Samsung Galaxy Z Fold 5 (ANTARA/Fathur Rochman)
Tampilan teknologi "Flex Hinge'" pada Samsung Galaxy Z Fold 5 (ANTARA/Fathur Rochman)

Di dalam layarnya, Samsung telah meningkatkan keandalan dengan menyematkan ultra thin glass yang diperkuat dengan lapisan tambahan, meningkatkan durabilitas layar dibandingkan generasi sebelumnya.

Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 juga mendapatkan sertifikasi IPX 8 yang membuatnya tahan terhadap air. Kedua ponsel ini dapat bertahan terendam dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama kurang lebih 30 menit.

Fitur water resistant ini memberikan perlindungan ekstra bagi para pengguna yang ingin menggunakannya dalam berbagai situasi.

Samsung juga membekali kedua perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, sebuah kaca ultra tipis yang memiliki tingkat ketahanan yang canggih.

Kaca ini diletakkan pada bagian cover screen dan bagian belakang ponsel. Dengan teknologi ini, ketahanan layar mengalami peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

"Ini memberikan daya tahan lebih canggih atau lebih tinggi 25 persen dibandingkan dengan Corning Gorilla Glass Victus yang pertama," ucap Ricky.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 6 tawarkan fitur pemantauan kesehatan canggih
 
Tampilan layar Samsung Galaxy Z Fold 5 (ANTARA/Fathur Rochman)
Tampilan layar Samsung Galaxy Z Flip 5 (ANTARA/Fathur Rochman)

Selain itu, untuk memberikan perlindungan ekstra, bingkai metal dan hinge pada kedua ponsel ini menggunakan bahan armor aluminium, menjadikan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 memiliki tingkat durabilitas yang lebih tinggi.

Menariknya, Samsung juga berkomitmen untuk berkontribusi pada lingkungan dengan menggunakan komponen daur ulang dalam pembuatan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5.

Ricky mengatakan sebanyak 24 komponen yang terdiri dari plastik, logam, kaca, dan kertas material daur ulang digunakan dalam proses produksi.

Meskipun menggunakan komponen daur ulang, Samsung memastikan bahwa kualitas dari kedua perangkat ini tetap terjaga, sehingga para pengguna dapat menikmati ponsel pintar yang berkualitas tinggi.

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 kini sudah dapat dipesan di Indonesia. Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 varian 256GB dijual dengan harga Rp15.999.000, sedangkan varian 512GB dibanderol Rp17.999.000.

Sementara Samsung Galaxy Z Fold 5 varian 256GB ditawarkan dengan harga Rp24.999.000, varian 512GB dijual seharga Rp26.999.000, dan varian 1TB dibanderol Rp29.999.000.

Baca juga: Ini harga Samsung Galaxy Z Flip 5, Z Fold 5, dan Watch 6 di Indonesia

Baca juga: Samsung wujudkan inovasi berkelanjutan pada sederet produk terbaru

Baca juga: Samsung luncurkan Galaxy Tab S9 Series, berapa harganya?

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023