Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo langsung melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping setiba di Chengdu, China, Kamis.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan Tiongkok terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” kata Presiden dalam pengantarnya, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Presiden juga menyebut bahwa Indonesia dan Tiongkok telah berhasil menciptakan kemajuan yang nyata atas sejumlah kerja sama, utamanya sejak penyelenggaraan G20 Bali tahun lalu.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara tiba di Hotel Jiniu sekitar pukul 16.20 waktu setempat. Setibanya di sana, Presiden dan Ibu Negara kemudian disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang dilanjutkan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun.
 

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Tiongkok

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023