Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meminta Republik Rakyat Tiongkok (RRT) membuka akses pasar lebih banyak bagi produk-produk asal Indonesia di Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Chengdu, Tiongkok, Kamis, sebagaimana disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers yang dipantau secara daring dari Jakarta.

"Dalam pertemuan Bapak Presiden meminta akses pasar yang lebih banyak di RRT bagi produk-produk Indonesia," ujar Menlu Retno usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Xi Jinping.

Presiden juga menyambut baik penandatanganan protokol impor, dalam hal ini adalah impor RRT dari Indonesia untuk tepung porang dan bubuk tabasheer, serta mendorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet, serta penyelesaian protokol impor produk hasil laut Indonesia.

Menlu Retno menyampaikan secara umum pertemuan bilateral antara Presiden Widodo dan Presiden Xi utamanya membahas penguatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan, dengan selalu mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal dan ramah terhadap lingkungan.

Sebagai informasi, di bidang perdagangan pemerintah terus berupaya meningkatkan akses ekspor Indonesia ke RRT.

RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai perdagangan pada tahun lalu mencapai lebih dari 133 miliar dolar AS. Beberapa tahun terakhir neraca perdagangan Indonesia dan RRT makin seimbang, bahkan pada tahun ini Indonesia mulai surplus.

Baca juga: Jokowi langsung bertemu Xi Jinping setiba di Tiongkok
Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke China temui Xi Jinping


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023