Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menilai tim teknis yang sepakat dibentuk Partai Golkar bersama PDI Perjuangan sebagai pertanda baik yang menunjukkan perkembangan maju penjajakan kerja sama politik jelang Pemilu 2024.
 
"Ya, (tim teknis) itu pertanda baik bahwa penjajakan koalisi dan penjajakan komunikasi dengan Partai Golkar menunjukkan progres bagus," kata Awiek, sapaan karib Achmad Baidowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Melalui tim teknis, kata dia, Partai Golkar bisa beriringan dengan PPP untuk sama-sama mendukung bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo untuk mewujudkan wacana pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) plus.
 
"Barangkali nanti Golkar bisa bersama-sama dengan kami mengusung Pak Ganjar sehingga cita-cita kami membentuk KIB plus itu bisa terealisasi, bisa terwujud," ujarnya.
 
Selaku rekan koalisi di KIB, Juru Bicara PPP itu berharap Partai Golkar beserta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada akhirnya memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.
 
"Ya, mudah-mudahan Golkar bisa bersama-sama mendukung Pak Ganjar," ucap dia.

Baca juga: Airlangga ungkap KIB ikut dibahas tim teknis Golkar-PDIP
Baca juga: PPP tepis narasi Ganjar jadi cawapres Prabowo
 
KIB merupakan gabungan tiga partai politik, yakni Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sejak dideklarasikan setahun lalu, KIB belum mengumumkan bakal calon presiden (capres) maupun bakal calon wakil presiden (cawapres).
 
Sebelumnya, Kamis (27/7), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa telah ada kesepakatan antara Golkar dan PDI Perjuangan untuk membentuk tim teknis menjelang Pemilu 2024.
 
"Kami menyepakati hal yang sifatnya teknis perlu dibangun dan Partai Golkar sudah membentuk tim teknis," kata Airlangga di Jakarta, Kamis.
 
Airlangga mempersilakan PDIP untuk secepatnya membangun tim teknis. Tim dari Golkar dipimpin Wakil Ketua Umum Mechias Markus Mekeng.
 
Adapun pada 26 April 2023,  PPP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
 
​Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan nama Ganjar Pranowo diusung sebagai capres pada Pemilu 2024 menyesuaikan keputusan Rapimnas PPP Nomor 05/04/Rapimnas/5/2023.
 
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023