Guiyanhlg (ANTARA) - Teleskop Radio Sferikal Apertur Lima ratus meter (FAST) milik China, teleskop radio dengan piringan tunggal terbesar dan paling sensitif di dunia, menerima permohonan dari 16 negara dan menyetujui observasi selama total hampir 6.400 jam.

Hal-hal dalam permohonan ini sebagian besar menyangkut pengamatan semburan gelombang radio cepat atau "fast radio burst", pengamatan pulsar, dan survei hidrogen netral.

Terletak di daerah dengan depresi karst yang dalam dan melingkar secara alami di Provinsi Guizhou, China barat daya, FAST mulai beroperasi secara resmi pada Januari 2020 dan resmi dibuka untuk dunia pada 31 Maret 2021.

Tim operasional dan pemeliharaan FAST terus bekerja untuk lebih meningkatkan efisiensi observasinya dan memenuhi permintaan yang terus meningkat dari komunitas astronomi internasional.

Kepala Insinyur FAST Jiang Peng mengatakan bahwa lima sistem dan platform robot cerdas untuk pemeliharaan, yang telah lulus uji penerimaan, akan membantu meningkatkan waktu observasi hingga 30 hari per-tahun.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023