Jakarta (ANTARA) - Ketua Aliansi Masyarakat Anti Mafia Tambang Kabupaten Sumbawa Barat (Amanat KSB) Erry Satryawan berharap PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) dapat merealisasikan hasil mediasi yang difasilitasi Komnas HAM.

"Mediasi yang difasilitasi oleh Komnas HAM, hanya salah satu dari beberapa tahapan dalam penanganan kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM oleh PT AMNT," kata Erry Satryawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Erry menegaskan bahwa mediasi dengan pihak AMNT bukan merupakan hasil akhir, seperti yang di-framing oleh beberapa pihak.

"Framing yang dibangun seolah perjuangan Amanat KSB sudah selesai, ya, tentu salah kaprah. Perjuangan baru tuntas manakala hak-hak publik direalisasikan," katanya.

Ia meminta publik untuk tidak berasumsi bahwa keputusan terkait ada atau tidaknya pelanggaran HAM, sudah diketuk dalam mediasi tersebut. Faktanya tidak ada poin yang mengatakan bahwa PT AMNT tidak melanggar HAM atau laporan Amanat KSB tidak terbukti.

"Kenapa ini saya perlu luruskan? Ini sebagai bentuk pembelajaran bagi semua agar sadar dan paham dengan pola dan mekanisme cara kerja di Komnas HAM," katanya.

Dikatakan pula bahwa mediasi dilakukan karena memang diawali dengan adanya pengaduan oleh Amanat dan pengaduan itu diterima karena penuhi syarat ini melanggar HAM.

"Kalau seandainya cuma perbuatan melawan hukum atau perselisihan hubungan industrial pasti aduan dari awal ditolak," jelasnya.

Klausul kesepakatan mediasi sebagaimana yang beredar, kata dia, adalah dalam rangka memperkuat posisi tawar masyarakat Sumbawa Barat agar memiliki pegangan.

Misalnya, terkait dengan korban PHK sepihak, alert list black list atau istilah perusahaan reference check, roster kerja yang tidak manusiawi, serta porsi tenaga kerja lokal dan upah minim yang mayoritas mengisi pos-pos buruh kasar dapat memperoleh keadilan.

Baca juga: Presiden Jokowi optimis smelter PT AMNT selesai pertengahan 2024
Baca juga: PT AMNT dan Pemprov NTB luncurkan Konservasi Gili Balu Sumbawa Barat


Selain itu, tidak adanya alokasi PPM beasiswa S-1, S-2, dan S-3 bagi putra/putri masyarakat Sumbawa Barat yang menjadi salah satu poin kesepakatan. Mediasi ini, lanjut Erry, momentum bagi korban, masyarakat, dan pemerintah daerah untuk bersatu dan mengawal semua persoalan yang selama ini diperjuangkan.

Menuirut dia, sebaiknya fokus pada kesepakatan-kesepakatan ini segera dijalankan oleh PT AMNT. Kalau tidak, tentu pihaknya akan mendorong tahapan berikutnya untuk dibentuk tim ad hoc dan masuk ke ranah pembuktian.

Ke depan, lanjut Erry, Amanat KSB akan melayangkan surat ke pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk memastikan teknis poin-poin dalam mediasi dapat dijalankan. Misalnya bagaimana penanganan korban-korban ketenagakerjaan.

Kapan mereka akan dipanggil kembali untuk mengklarfikasi, kemudian diberikan kesempatan bekerja kembali dan peroleh hak-hak dasar sebagaimana dijamin dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

"Hasil kesepakatan mediasi HAM mengikat secara hukum dan merupakan alat bukti yang sah. Jika ada pihak yang tidak mematuhi kesepakatan mediasi, dapat dimintakan ke pengadilan negeri untuk ditetapkan fiat eksekusi mediasi,” katanya.

Untuk diketahui, mediasi antara Amanat KSB dan PT AMNT berlangsung pada tanggal 27 Juli 2023 di Sumbawa Barat. Hadir dalam mediasi tersebut Senior Manager PT AMNT Ahmad Salim. Pihak Pemkab Sumbawa Barat dan perwakilan Kementerian ESDM juga ikut menyaksikan mediasi yang difasilitasi oleh Komnas HAM itu.

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023