Anambas (ANTARA) - Tim SAR gabungan mengevakuasi tujuh orang Warga Negara Asing (WNA) penumpang kapal Yacht Eagle Wings yang bocor di Perairan Pulau Mentayu, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Ketujuh WNA ini sudah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Pemerintah Daerah Tarempa, Anambas, dalam keadaan sehat dan selamat," kata Kepala SAR Kabupaten Natuna, Abdul Rahman, Minggu (30/7).

Baca juga: Basarnas Bali evakuasi WNA India terseret arus Diamond Beach

Ia menyebut kronologis kejadian berawal ketika pihaknya menerima laporan kejadian dari kru kapal yacht bocor di Perairan Pulau Mentayu, Anambas, Minggu pagi.

Selanjutnya, tim SAR gabungan langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian dengan membawa satu unit Water Pump bersama dengan unsur TNI dan Polri.

Baca juga: Tim SAR evakuasi WNA Australia yang terluka saat berlayar di Ende NTT

Abdul Rahman menjelaskan, penyebab kebocoran kapal yacht diduga terletak pada kerusakan unit pompa air pendingin mesin pada kapal. Kapal tersebut mengangkut tujuh orang WNA dan empat kru.

"Keempat kru masih bertahan untuk memperbaiki kebocoran kapal," ujarnya.

Baca juga: Basarnas evakuasi WN Amerika Serikat tersesat di Gunung Agung

Sementara ketujuh WNA, lanjutnya, dievakuasi dari kapal yacht menuju ke Pelabuhan Pemerintah Daerah Tarempa menggunakan kapal nelayan Desa Kiabu dan dikawal RIB 02 Natuna sekitar pukul 13.30 WIB.

Abdul Rahman turut mengapresiasi respon cepat masyarakat nelayan dan para personel ganungan TNI, Polri, Imigrasi dan Pemda Anambas, sehingga proses evakuasi penumpang dan perbantuan terhadap kapal Yacht Eagle Wings bisa dilakukan dengan baik.

Baca juga: Basarnas Bali evakuasi WNA Jerman cedera di Pantai Kelingking

"Dengan telah dievakuasi WNA ke Pelabuhan Tarempa, maka operasi pencarian dan pertolongan diusulkan di tutup, dan seluruh unsur bantuan dikembalikan ke satuan masing-masing dengan hormat," ujarnya.

Abdul Rahma menambahkan Yacht Eagle Wings berbendera Malaysia itu menempuh pelayaran dari Nongsa' Batam menuju Anambas.

Baca juga: Tim SAR evakuasi WNA Mesir cedera saat berenang di Pantai Kelingking

Berikut data kru kapal, antara lain Iman Bin Mohala (Singapura), Muhammad Syahrom Bin Mansor (Singapura), Phan Jia Xuan Gladys (Singapura), Muhammad Firly Bin Abdullah (Singapura).

Sementara data penumpang, yakni Chow Henry Joseph (Singapura), Tupaz Grace Angela (Singapura), Lia Ara Colette Mace Perempuan (Singapura), Hong Aun Zhing (Malaysia), Zoe Ara Nikky Mace (Singapura), Erwan Jean Jacques Mace, (Prancis), Joseph Sara Keshia (Singapura).

Pewarta: Ogen
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023