Jakarta (ANTARA) - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menjajaki kerjasama bidang pendidikan musik dan mengenalkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada institusi pendidikan Jepang.

“Kebijakan MBKM merupakan sebuah terobosan yang mesti disosialisasikan pada berbagai institusi pendidikan di Jepang yang berpotensi menjadi mitra dalam kerja sama akademik dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia," kata Atdikbud KBRI Tokyo Yusli Wardiatno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (30/7).

Menurut Wardiatno sosialisasi ini penting agar pemahaman tentang kebijakan ini meningkat sehingga diharapkan berbagai aktivitas akademik seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, kerja sama riset, penyelenggaraan seminar bersama dan lainnya yang mendukung MBKM dapat meningkat.

Hal ini disampaikan Wardiatno dalam kunjungannya ke Tokyo College of Music (TCM), perguruan tinggi terkemuka dan tertua dalam bidang musik di Jepang yang didirikan sebagai Tokyo Conservatory of Music di wilayah Kanda, Tokyo pada Jumat (28/7).

TCM menyambut baik kebijakan ini, yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk memiliki kendali lebih besar atas pendidikan mereka dan memberikan fleksibilitas dalam menentukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Institut musik itu sangat terkesan dengan inisiatif tersebut dan berminat untuk menjadi mitra Kemdikbudristek dalam Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas luar negeri termasuk di Jepang.

Pada kesempatan yang sama, TCM juga menyatakan minatnya untuk membuka kampus atau program pendidikan musik di Indonesia, yang akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang berminat dalam bidang musik untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang.

“Kami ingin lebih menguatkan hubungan kerja sama pendidikan dengan pihak Indonesia. Informasi peluang membuka kampus di Indonesia sangat memikat dan akan kami pikirkan matang-matang. Kami juga sangat tertarik menjadi mitra Kemdikbudristek dalam program IISMA.” ujar Wakil Rektor TCM Atsuko Okada.

Kunjungan kerja ini diharapkan menjadi landasan kuat untuk menjalin kerja sama lebih erat antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan musik.

Selain wakil rektor juga hadir menyambut Atdikbud, Direktur Pelaksana Bidang Internasional Yukiko Ishii, staf Departemen Hubungan Kemasyarakatan Kiyomi Muro dan Profesor yang ditunjuk khusus Yutaka Hokura.

Baca juga: KBRI Tokyo dukung atlet berlaga di Japan Open 2023
Baca juga: KBRI Tokyo: Kolaborasi teater perkuat hubungan antarwarga negara
Baca juga: Tim Indonesia raih prestasi di Olimpiade Fisika Jepang

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023