Banyuwangi (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) gabungan Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil menyelamatkan dan mengevakuasi empat orang warga yang tersesat di Alas Purwo, Desa Kalipait, Senin dini hari.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setia Budi mengemukakan empat orang yang tersesat di Alas Purwo setelah terpisah dari rombongan pada Minggu (30/7) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Pada pukul 16.00 WIB, kami mendapatkan informasi bahwa empat orang warga tersebut tersesat di hutan. Alhamdulillah, setelah kami lakukan pencarian bersama Tim SAR gabungan berhasil ditemukan dalam kondisi selamat semua," ujar Wahyu saat dihubungi dari Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: Alas Purwo-Ijen dinominekan jadi cagar biosfir dunia

Empat orang warga yang tersesat di Alas Purwo itu, yakni Yogi Agung Pribadi warga Desa Kemangsen, Kecamatan Balong Bendo, Kabupaten Sidoarjo, Ega Putra Gusti Aryo warga Dusun Mrasih, Desa Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Dedi Arganudin warga Dusun Gondang, Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, dan Junaidi Abdullah warga Dusun Krajan, Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Menurut Wahyu, empat orang yang tersesat di Alas Purwo di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlim itu semula datang bersama rombongannya ke goa padepokan di Alas Purwo pada Sabtu (29/7). Kemudian, pada Minggu (30/7) empat orang tersebut mencari air di hutan dan mereka tersesat tidak bisa kembali ke lokasi rombongannya.

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan empat orang yang tersesat tersebut dengan kondisi selamat, selanjutnya dibawa ke Posko SAR gabungan di Resort Pancur, lalu kami serahkan ke pihak keluarga dan pihak Polsek Tegaldlimo," ujar Wahyu.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian dan evakuasi empat orang tersesat tersebut, terdiri atas satu tim Pos SAR Banyuwangi, Polhut Alas Purwo, BPBD, Polairud Banyuwangi, Pos AL Muncar, Polsek Tegaldlimo, Damkar, Rescue 851 dan warga setempat.

Baca juga: Banteng Alas Purwo Terancam Punah

Baca juga: Kemen LHK siapkan infrastruktur ke Alas Purwo

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023