Kami sudah mempersiapkan pasokan air bersih untuk industri di KITB berkapasitas 30 liter per detik, saat ini baru digunakan 6 liter per detik
Batang (ANTARA) - Perum Daerah Air Minum Sendang Kamulyan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menjamin pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), cukup.

Direktur Utama PDAM Sendang Kamulyan Kabupaten Batang Yulianto di Batang, Senin, mengatakan bahwa pihaknya sudah beberapa kali melakukan komunikasi dengan pihak KITB terkait pemenuhan kebutuhan air bersih di kawasan industri tersebut.

"Kami sudah mempersiapkan pasokan air bersih untuk industri di KITB berkapasitas 30 liter per detik, saat ini baru digunakan 6 liter per detik," katanya.

Usai kegiatan upacara menyambut Hari Ulang Tahun Ke-30 PDAM Sendang Kamulyan, Yulianto mengatakan meski saat ini memasuki musim kemarau namun pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan 56.565 pelanggan masih aman dan lancar.

Dikatakan, pihaknya terus berbenah dan melakukan inovasi agar perusahaannya terus berkembang dan maju, serta mampu memberikan pelayanan kepada konsumen secara prima.

Baca juga: KITB gandeng Pelindo kembangkan Pelabuhan Jetty di Batang Jateng

Baca juga: Pemkab Batang sambut positif hadirnya investor AS di KITB


"Di antaranya, memperkuat sumber mata air agar terjaga pelayanan prima kepada warga, apalagi saat ini sedang memasuki musim kemarau," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini pemasukan dividen kepada pemerintah daerah sudah mencapai sekitar Rp50 miliar. Hal ini merupakan kenaikan yang cukup signifikan karena hasilnya sudah melampaui target.

"“Ke depan, kami tetap melakukan penambahan kapasitas air yang sudah dipersiapkan karena kemungkinan industri akan mengajukan permintaan air bersih lagi," katanya.

Ia mengatakan berdasar hasil evaluasi dari Pusat Penilaian Kompetensi Pegawai (PPKP) Pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Batang dinilai sudah bagus, bahkan pemerintah pusat telah memberikan penghargaan kepada PDAM Sendang Kamulyan sebagai peringkat kedua kategori sedang tingkat nasional," katanya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menilai pelayanan yang diberikan PDAM Sendang Kamulyan untuk mencukupi kebutuhan air bersih pada masyarakat sudah baik.

"Kinerja selama ini sudah sangat baik dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Oleh karena itu, kami akan terus memberikan semangat pada PDAM agar memberikan pelayanan prima pada masyarakat," katanya.

Baca juga: Perusahaan AS investasi 500 juta dolar bangun industri panel surya

Baca juga: Menteri ESDM: Kebutuhan gas di KITB diproyeksikan 36 MMSCFD

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023