pihak Pertamina mengaku bahwa pasokan lancar dan stok tersedia
Pamekasan (ANTARA) - Warga pedesaan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menyiasati kelangkaan elpiji tabung ukuran 3 kilogram dengan memasak menggunakan tungku kayu.

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Busiyah (50). Warga Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan ini tidak perlu khawatir meski elpiji di sejumlah pengecer di sekitar rumahnya sering kosong sejak dua bulan lalu.

"Kalau elpiji ada kami beli. Tapi jika kosong, kami tetap bisa memasak dengan menggunakan tungku kayu seperti ini," katanya, Senin.

Busiyah bukan satu-satunya warga yang memasak menggunakan tunggu kayu, akan tetapi puluhan rumah tangga lain di desa ini juga melakukan hal yang sama.

Masyarakat di desa ini sengaja membeli tungku kayu, karena pasokan elpiji ke desanya sering lambat dengan berbagai alasan.

"Pada musim tanam tembakau seperti ini, kami sebenarnya lebih suka memasak menggunakan elpiji. Tapi karena elpiji di toko sebelah sering kosong, ya, kami terpaksa memasak seperti ini," kata warga lain di desa yang sama, Siyatun.

Baca juga: BI Bali minta Pertamina dan TPID gerak cepat atasi kelangkaan elpiji
Baca juga: Pertamina dan Pemkab Banyuwangi tambah pasokan elpiji 32 persen/ hari


Bagi kedua warga desa ini, bahan bakar kayu tidak menjadi masalah. Mereka bisa mencari di sekitar pekarangan rumahnya setiap saat.

"Bedanya, kalau menggunakan tungku kayu, peralatan memasak hitam semuanya, dan kurang ramah lingkungan, beda dengan elpiji," kata Marsiya, menimpali.

Yang memprihatinkan, sambung ibu tiga orang anak ini, adalah saudaranya yang tinggal di kota. Jika elpiji langka, ia harus rela antre untuk mendapatkan jatah beli. Terkadang harus mencari ke toko lain yang jaraknya sangat jauh.

Sejumlah pengecer elpiji 3 kilogram di Pamekasan mengaku, kelangkaan elpiji yang terjadi akhir-akhir ini karena pasokan dari pihak Pertamina lambat.

"Biasanya, setiap kami telepon dan meminta kiriman karena stok di toko telah habis, langsung dikirim. Saat ini tidak, tiga hari kemudian baru dikirim dengan alasan dari pasokan dari Pertamina lambat," kata pengecer elpiji Arianti.

Baca juga: Ketua Komisi VI DPR apresiasi Pertamina antisipasi kelangkaan elpiji
Baca juga: Atasi kelangkaan, Pertamina siapkan 200 ribu tabung elpiji


Pemilik Toko Kelontong Berung Koneng ini menuturkan, banyak warga yang terpaksa pulang tanpa membawa elpiji, karena stok memang telah habis, sedang pengiriman dari Pertamina lambat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Pamekasan Basri Yulianto mengaku, telah menginstruksikan stafnya untuk memantau kelangkaan elpiji yang terjadi di sejumlah daerah di Pamekasan.

"Kalau berdasarkan hasil koordinasi sementara, pihak Pertamina mengaku bahwa pasokan lancar dan stok tersedia sesuai dengan kuota. Karena itu, kami menginstruksikan staf untuk melakukan pemantauan secara langsung, karena berdasarkan laporan di sejumlah daerah terjadi kelangkaan," katanya.

Baca juga: Polri masifkan pengawasan untuk cegah kelangkaan elpiji 3 kg
Baca juga: Pemkot Batam tutup 3 pangkalan elpiji
Baca juga: Elpiji kadang langka, warga Lebak kembali gunakan kayu bakar

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023