Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Senin (31/7), mulai dari Presiden RI Joko Widodo meminta agar KPK dan Mabes TNI berkoordinasi dalam penanganan kasus dugaan korupsi penerimaan suap yang melibatkan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) hingga Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan keberhasilan Latihan Gabungan TNI 2023 akan membawa dampak positif.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:


1. Jokowi: Sodetan Ciliwung kurangi 62 persen banjir Jakarta

Presiden Joko Widodo mengatakan penyelesaian Sodetan Ciliwung setidaknya dapat mengurangi 62 persen masalah banjir di Ibu Kota DKI Jakarta.

"Dengan selesainya Sodetan Ciliwung, ini juga menyelesaikan banjir Jakarta, (ditambah) baik; tapi yang Bendungan Ciawi-Sukamahi, Sodetan Ciliwung, normalisasi Ciliwung, Banjir Kanal Timur, itu bisa menyelesaikan baru kira-kira 62 persen dari persoalan banjir yang ada di Jakarta," kata Jokowi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


2. Jokowi minta KPK dan Mabes TNI berkoordinasi dalam kasus Kabasarnas

Presiden Joko Widodo meminta agar KPK dan Mabes TNI dapat berkoordinasi dalam penanganan kasus dugaan korupsi penerimaan suap yang melibatkan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi.

"Ya itu menurut saya masalah koordinasi ya, masalah koordinasi yang harus dilakukan. Semua instansi sesuai dengan kewenangan masing masing, menurut aturan," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


3. Puan: Keberhasilan Latgab TNI 2023 membawa dampak positif

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan keberhasilan Latihan Gabungan TNI 2023 dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan setiap Komando Wilayah Pertahanan akan membawa dampak positif dalam memperkuat kemampuan pertahanan TNI demi menjaga integritas wilayah dan memberikan perlindungan bagi masyarakat.

"Keberhasilan Latgab TNI 2023 ini akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kemampuan pertahanan TNI secara keseluruhan demi menjaga bangsa dan negara," kata Puan usai menyaksikan Latgab TNI 2023 dari atas kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Perairan Laut Bali, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


4. Bahlil: Munaslub Partai Golkar diserahkan ke DPP

Menteri Investasi yang juga kader Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan wacana pelaksanaan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) partai tersebut kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Nanti kita lihat ya, serahkan itu ke DPP ya," kata Bahlil di lingkungan Istana Kaepresidenan Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


5. PDIP terima bantuan dana parpol Rp28 miliar

Pemerintah melalui Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menyerahkan bantuan keuangan partai politik kepada PDI Perjuangan sebanyak Rp28 miliar.

Momen penandatangan penyerahan dana parpol Pemerintah kepada PDIP itu dilakukan dengan penandatangan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Bahtiar secara langsung usai Rapat Konsolidasi Organisasi Internal di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023