Beijing (ANTARA) - Tiga astronaut dari misi berawak China Shenzhou-15 menggelar jumpa pers pada Senin (31/7), kemunculan pertama mereka di hadapan publik setelah kembali ke Bumi pada Juni lalu.

Setelah menyelesaikan tahap karantina dan pemulihan, para astronaut tersebut kini sedang menjalani observasi, demikian disampaikan kepada awak media yang berkumpul di Pusat Astronaut China di Beijing.

Saat ini, seluruh kru dalam keadaan sehat secara fisik dan mental. Mereka akan melanjutkan pelatihan reguler setelah dinyatakan lolos dalam semua penilaian kondisi dan kesehatan.

China meluncurkan wahana antariksa berawak Shenzhou-15 pada 29 November 2022, mengirim Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu ke modul inti stasiun luar angkasa China, Tianhe.

Dalam misi yang berlangsung selama enam bulan, para kru tersebut melakukan lebih dari 40 eksperimen dan uji coba ilmiah serta melakukan empat aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity/EVA), lebih banyak dibandingkan kru China sebelumnya. Mereka juga menjadi kru pertama yang melewati Festival Musim Semi di stasiun luar angkasa setelah proses pembangunannya selesai.

"Merupakan kehormatan bagi kami untuk berpartisipasi dalam dan menyaksikan penyelesaian resmi proses pembangunan stasiun luar angkasa China," kata Fei, komandan misi tersebut. China akan membuat kemajuan yang lebih solid dalam mengeksplorasi luar angkasa, imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023