“Kemarin ada partai yang melakukan pertemuan di Bali, ya infonya sebagian besar atau semua pengurus tingkat provinsinya menyampaikan dukungan ke Pak Prabowo. Kita jadi tinggal nunggu waktunya saja. Kita berdoa agar disegerakan,”
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut pihaknya menunggu waktu bergabungnya partai politik yang baru saja melangsungkan pertemuan di Bali untuk memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Kemarin ada partai yang melakukan pertemuan di Bali, ya infonya sebagian besar atau semua pengurus tingkat provinsinya menyampaikan dukungan ke Pak Prabowo. Kita jadi tinggal nunggu waktunya saja. Kita berdoa agar disegerakan,” kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Habiburokhman juga menyebut ada partai politik di parlemen yang sampai saat ini belum menentukan arah dukungan akan merapat ke Partai Gerindra.

“Partai parlemen juga yang sampai sekarang belum menentukan pilihan, naga-naganya juga akan segera menentukan pilihan berlabuh ke koalisi Pak Prabowo,” ucapnya.

Namun, ketika ditanyakan apakah dua partai politik yang dimaksud akan merapat ke Partai Gerindra di atas adalah Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), dia enggan menjawabnya.

“Saya belum bisa sampaikan, tapi kalau anda menduga-duga saya enggak bisa larang,” imbuhnya.

Dia hanya mengatakan ada partai-partai politik besar yang hendak merapat ke Partai Gerindra untuk berkoalisi pada Pilpres 2024.

“Pokoknya ada partai-partai besar, infonya saya dapat juga, saya dengar juga, akan bergabung dengan kami, kami minta didoakan,” tuturnya.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi III DPR itu mengatakan bahwa ada pula partai politik di luar parlemen akan bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Ada juga yang dari luar parlemen sehingga kita berikhtiar dan berharap koalisi ini akan semakin besar dan semakin kita mudah untuk menjalankan agenda-agenda perjuangan melanjutkan keberhasilannya Pak Jokowi ini,” kata dia.

Sebelumnya, Minggu (30/7), Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurrahman juga mengatakan bahwa pertemuan jajaran ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi se-Indonesia di Bali, Minggu (30/7), menyatakan menolak isu musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) partainya.

Dalam pertemuan tersebut, dia mengatakan beberapa DPD I Partai Golkar mendorong pula Partai Golkar untuk dapat merapat ke Partai Gerindra dan memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Beberapa DPD I mendorong agar Golkar bisa berkoalisi dengan Gerindra dikarenakan Pak Prabowo kan pernah di Golkar, dan di pilpres tahun 2014 Golkar pernah berkoalisi mendukung Pak Prabowo," kata Maman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (30/7).

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023