Surabaya (ANTARA ) - Tim Indonesia mengirim nota protes ke Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) terkait  atlet Malaysia yang sebelumnya tidak terdaftar sebagai calon pemain resmi Piala Axiata 2013.

"Saya Sabtu ini sudah mengirim protes ke BAC terkait dengan hal itu," ujar Bambang Roedyanto, Manajer Tim Indonesia, di Surabaya, Sabtu.

Bambang mengajukan protes karena Malaysia saat melawan Singapura memainkan pemain tunggal putri Sonia Cheah dan ganda putra Tan Wee Keong-Hoon Thien How. Padahal, para pemain tersebut tidak terdaftar sebagai pemain resmi di Piala Axiata 2013.

"Kenapa ada nama pemain itu mendadak, dan tidak ada pemberitahuan, nanti tiba-tiba di final ada pemain baru lagi gimana," ujarnya.

Bambang mengatakan BAC tidak lama kemudian memberikan jawaban, bahwa susunan pemain di turnamen itu boleh diganti setiap pekan.

"Tadi Sekretaris Jenderal Konfederasi BAC (Surasak Songvarakulpan .-red) sudah memberikan jawaban, bahwa pemain boleh diganti every week," ujarnya.

Namun, menurut Bambang, setiap ada formasi pemain baru yang tidak sesuai dengan anggota tim yang didaftarkan, harus diberitahukan terlebih dulu atau bahkan tidak boleh dilakukan.

"Hal ini menjadi penting, apalagi ini kejuaraan dengan hadiah paling besar total satu juta dollar, dan posisi tim sangat menentukan hadiah tersebut," ucap Bambang.

Sonia Cheah dan Tan Wee Keong-Hoon Thien How dimainkan Malaysia saat mengalahkan Singapura 4-0, Jumat (29/3). Di daftar pemain Malaysia pada Piala Axiata 2013 yang juga dimuat di laman resmi www.axiatacup.com hingga hari ini 30 Maret 2013, untuk tunggal putri hanya ada Tee Jing Yi dan ganda putra Koo Kien Keat dan Tan Boon Heong.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013