Dengan peran aktif semua pihak, akan semakin memperkuat komitmen dan kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan bahwa sektor transportasi menjadi fokus dari program transisi ke energi terbarukan, salah satunya melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Penggunaan kendaraan listrik ini turut berperan dalam dekarbonisasi transportasi jalan yang menyumbang lebih dari 15 persen emisi energi global. Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar karbon, dan meningkatkan kualitas udara," ucap Menhub dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan secara virtual pada acara International Battery Summit (IBS) 2023 yang diselenggarakan oleh National Battery Research Institute (NBRI) berkolaborasi dengan Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) di Jakarta, Selasa.

Kemenhub, kata dia, telah menetapkan sejumlah kebijakan dan peraturan untuk mendukung sistem transportasi berkelanjutan, termasuk percepatan penggunaan kendaraan listrik seperti aturan konversi kendaraan sepeda motor dan kendaraan lainnya, menerapkan biaya uji tipe yang lebih murah untuk kendaraan listrik, dan melibatkan pihak swasta.

Menhub menegaskan Indonesia berpotensi untuk memproduksi kendaraan listrik secara nasional, juga bersaing di industri kendaraan listrik global.

Oleh karena itu, ia mendorong sinergi dan dan kolaborasi antarlembaga pemerintah, pelaku industri otomotif, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik.

"Untuk itu, bagaimana kita mampu menciptakan ekosistem kendaraan listrik, termasuk produksi komponen penting seperti baterai, menjadi hal yang krusial," ujar Menhub.

Ia pun mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan IBS 2023 tersebut.

"Dengan peran aktif semua pihak, akan semakin memperkuat komitmen dan kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," ucap Menhub.

IBS 2023 yang mengangkat tema Battery as a core technology for accelerating clean energy transition itu bertujuan mempertemukan pihak industri, pemerintahan, dan publik untuk mendiskusikan implementasi ekosistem baterai dan kendaraan listrik di Indonesia di masa depan.

IBS 2023 membahas topik utama mengenai proyek dan industri baterai terbaru di Indonesia dan internasional dari hulu, tengah hingga hilir.

Baca juga: Percepatan ekosistem kendaraan listrik perlu kerja sama berbagai pihak
Baca juga: Kementerian ESDM tetapkan biaya layanan pengisian listrik di SPKLU
Baca juga: Pemerintah siapkan aturan percepatan ekosistem kendaraan listrik

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023