Tersangka yang warga negara Thailand ini tertangkap sejak Jumat malam...
Makassar (ANTARA News) - Warga negara asing (WNA) asal Thailand tertangkap tangan oleh petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar saat menyelundupkan narkotika jenis sabu ke Indonesia.

"Tersangka yang warga negara Thailand ini tertangkap sejak Jumat malam, tetapi baru sekarang kita bisa melakukan jumpa pers karena kami harus berkoordinasi dengan BNNP Sulsel terlebih dahulu," ujar Kepala Kantor Wilayah DIBC Sulawesi Robert Leonard Margun, didampingi Kepala BNNP Sulsel, Kombes Pol Richard Nainggolan, di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, penangkapan yang dilakukan anggotanya itu terungkap setelah pelaku turun dari pesawat Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan GA-849 dari Singapura.

Pelaku beinisial RA (36) bersama barang bawaannya langsung diamankan setelah koper miliknya terdeteksi sinar X (X-ray) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Dalam kopernya itu, pelaku yang membawa sabu sebesat 1.006 gram atau lebih dari satu kilogram sabu kemudian membaginya dalam dua bagian kemudian diselipkan disela-sela tumpukan pakaiannya.

"Pelaku berusaha mengelabui petugas dengan membagi dua sabunya itu kemudian menyembunyikannya di dalam tumpukan pakaiannya. Tetapi, usahanya itu sia-sia karena tetap terdeteksi sinar X," katanya.

Penangkapan itu juga sudah dikoordinasikan dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan dan langsung menyerahkan pelaku bersama barang buktinya itu untuk pengembangan penyidikan lebih lanjut.

Kepala BNNP Sulsel Kombes Pol Richard Nainggolan menyatakan jika Sulsel merupakan salah satu wilayah yang menjadi prioritas tinggi dari para pelaku kejahatan untuk menyebarluaskan dan memasarkan narkotikanya itu.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013