Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Rabu (2/8) kemarin mulai dari Presiden Jokowi membantah berbicara soal politik saat bertemu dengan Menparekraf Sandiaga Uno di Istana Kepresidenan hingga Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA mengatakan bahwa ASEAN memiliki kekuatan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
 
Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:
 
1. Jokowi bantah bicara politik dengan Sandiaga Uno, hanya bahas pariwisata
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertemuannya dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/8) sore, hanya membahas mengenai pariwisata dan tidak membicarakan politik.

"Tidak. Pariwisata. Wong jam 4 sore pariwisata," kata Jokowi di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.

2. Perindo apresiasi Ganjar Pranowo perhatikan isu perempuan
 
Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mengapresiasi langkah bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang memperhatikan isu-isu perempuan, sebab isu tersebut dinilai krusial.
 
Juru Bicara DPP Partai Perindo Ike Julies Tiati mengatakan masalah perempuan masih kerap terjadi di Indonesia, seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pernikahan dini, pelecehan dan kekerasan seksual, hingga permasalahan ekonomi.
 
"Dalam hal ini, perlu melibatkan perempuan langsung dalam pembuatan kebijakan agar ditemukan solusi konkret terhadap permasalahan tersebut," kata Ike dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.

3. Menhan Prabowo optimistis ASEAN punya kekuatan rawat perdamaian
 
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto optimistis Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mempunyai kekuatan untuk merawat perdamaian di kawasan.
 
Prabowo menjelaskan keyakinan itu ada karena negara-negara yang tergabung dalam ASEAN-Plus mempunyai kepentingan yang sama untuk menjaga kawasan tetap stabil dan tidak berlarut-larut dalam konflik.
 
"Saya yakin dan optimistis kekuatan ASEAN dapat menciptakan perdamaian. Kunci dari kemakmuran suatu bangsa adalah kerja sama dan kemampuan dalam memelihara perdamaian," kata Prabowo saat menerima delegasi pejabat senior Kementerian Pertahanan Negara-Negara ASEAN (ADSOM) dan negara-negara mitra (ADSOM-Plus) di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.

4. Wapres: Penetapan tersangka Panji Gumilang jawab keresahan masyarakat
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan penetapan pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama sudah menjawab keresahan masyarakat.
 
"Saya kira sudah terjawab (keresahan masyarakat)," kata Wapres Ma'ruf Amin di kediaman resmi wakil presiden, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.

5. Dirjen Bina Adwil: ASEAN jadi kekuatan pertumbuhan ekonomi di AMF 2023
 
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA mengatakan bahwa ASEAN memiliki kekuatan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
 
Hal ini disampaikan Safrizal dalam acara Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forums (AMF) di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (1/8).
 
“Posisi dan peran ASEAN sebagai kawasan dengan pertumbuhan tertinggi, sejalan dengan berbagai potensi yang dimiliki kawasan ini seperti natural resources, manpower, technology, dan stability region (peace zone). Inilah esensi dari ASEAN sebagai the epicentrum of growth," ungkap Safrizal dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
 
Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023