"Tadi malam pukul 01.00 WIB, PG (Panji Gumilang) meminta pemeriksaan dihentikan dulu dan yang bersangkutan meminta dilanjutkan pemeriksaan siang ini, selanjutnya yang bersangkutan dititipkan di tahanan Bareskrim,"
Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan Rabu (2/8) kemarin mulai dari MUI mengapresiasi kinerja polisi terkait Panji Gumilang hingga Kejati Sulteng geledah rumah Mantan Rektor Tadulako.
 
Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:
 
1. Majelis Ulama Indonesia apresiasi Polri terkait Panji Gumilang
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) karena dinilai telah bekerja keras dan bersungguh melindungi umat dan menjaga kondusifitas berkaitan dengan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang.
 
"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polri yang telah bekerja keras dan sunguh-sungguh dalam melindungi umat dan menjaga kondusifitas masyarakat yang beberapa bulan ini sempat terguncang dan dibuat gaduh oleh Panji Gumilang," kata Wakil Sekjen Bidang Hukum dan Ham MUI Ikhsan Abdullah dalam keterangan resminya diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
2. Keluarga Bripda IDF minta tersangka penembakan ditunjukkan ke publik
 
Keluarga Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage atau Bripda IDF (20) meminta polisi menunjukkan para tersangka penembakan putranya ke hadapan publik.
 
"Pihak keluarga dan kuasa hukum meminta agar para tersangka ditunjukkan segera ke publik," kata kuasa hukum keluarga Bripda IDF, Jajang, dalam keterangannya di Bogor, Jawa Barat, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
3. Panglima: TNI siap dievaluasi soal pengisian jabatan publik
 
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan lembaga yang dipimpinnya siap untuk dievaluasi terkait perwira aktif TNI aktif yang ditempatkan di berbagai jabatan sipil.
 
"Saya belum dipanggil, tentunya siap untuk dilaksanakan evaluasi, kalau itu memang yang terbaik melaksanakan evaluasi," kata Yudo Margono di kediaman resmi Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
4. Bareskrim lanjutkan pemeriksaan Panji Gumilang hari ini
 
Pemeriksaan Panji Gumilang sebagai tersangka dugaan penistaan agama dilanjutkan hari ini, Rabu, sebelumnya Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri menghentikan pemeriksaan atas permintaan tersangka karena alasan sudah larut malam(Senin,1/8).
 
Menurut Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhamdhani Rahardjo Puro, pemeriksaan Panji Gumilang sebagai tersangka pada Senin(1/8) berlangsung sampai pukul 01.00 WIB(2/8), setelah itu dihentikan dan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun itu dititipkan di Rutan Bareskrim Polri.
 
"Tadi malam pukul 01.00 WIB, PG (Panji Gumilang) meminta pemeriksaan dihentikan dulu dan yang bersangkutan meminta dilanjutkan pemeriksaan siang ini, selanjutnya yang bersangkutan dititipkan di tahanan Bareskrim," kata Djuhamdhani, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.
 
5. Kejati Sulteng geledah rumah Mantan Rektor dan Kantor Unit IPCC Untad
 
Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah menggeledah rumah Mantan Rektor Universitas Tadulako (Untad) Palu berinisial MB dan Kantor International Publication and Collaborative Center (IPCC) Untad pada 31 Juli 2023 terkait kerugian negara sejumlah Rp1,7 miliar atas dugaan korupsi.
 
"Bahwa benar penyidik Kejati Sulteng telah melakukan penggeledahan di beberapa tempat terkait kasus dugaan korupsi di Untad," jelas Kasipenkum Kejati Sulteng Mohammad Ronald di Palu, Rabu.
 
Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023