Melalui lukisan ini, saya ingin mengetuk hati pemerintah agar lebih peduli dan semakin serius menanganinya"
Surabaya (ANTARA News) - Seorang seniman lukis Holis Satriawan, melukis wajah Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai bentuk sindiran terhadap belum tuntasnya penanganan korban Lumpur Lapindo di Sidoarjo, di halaman Kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Senin.

"Nasib korban lumpur sampai sekarang masih banyak yang belum tertangani. Melalui lukisan ini, saya ingin mengetuk hati pemerintah agar lebih peduli dan semakin serius menanganinya," ujar Holis.

Pelukis yang pernah melukis di atas tanggul lumpur di Porong ini melukiskan wajah gubernur berbeda dari sebenarnya. Jika biasanya Soekarwo hanya memiliki rambut biasa dan berkaca mata putih, namun kali ini digambarkan berambut gondrong dan berkaca mata hitam.

"Tentu saja kami sangat prihatin dengan kondisi sekarang ini. Di lapangan, banyak warga korban lumpur yang tak tahu lagi harus ke mana. Semoga pemerintah dan pihak yang berwenang segera membantunya," kata dia.

Holis menilai Gubernur Jawa Timur harus menjadi pelindung dan menyejahterakan rakyatnya, termasuk korban Lumpur Lapindo.
 
Wakil Gubernur Saifullah Yusuf saat menerima Holis berjanji untuk menyamaikan keluhan seniman itu kepada Soekarwo, sembari menegaskan seluruh warga Jawa Timur mendapat perhatian yang adil dari Pemprov, tak terkecuali seniman.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013