Bantul, Yogyakarta (ANTARA) - Dewasa ini, permintaan produk fesyen kian meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan tren. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya produksi serta ekspor yang dilakukan oleh PT Komitrando Emporio berupa produk tas. 

PT Komitrando Emporia yang terletak dikawasan Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, merupakan salah satu perusahaan yang diberikan fasilitas berupa kawasan berikat atas produk fesyen berupa tas. 

“Kawasan berikat sendiri merupakan tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain di dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor,” ujar Affandi Gempar Aryani, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta.

Dalam hal, ini PT Komitrando melakukan impor bahan baku dari luar negeri yang kemudian diproses oleh tenaga kerja di Indonesia hingga menjadi barang jadi yang siap pakai. PT Komitrando sendiri memiliki 932 pegawai yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. 

Dalam kurun waktu empat hari, dari tanggal 25 sampai dengan 28 Juli, PT Komitrando telah melakukan ekspor ke negara tujuan USA, sebanyak 19 kontainer dengan nilai devisa ekspor senilai USD 907,443.62. “Diharapkan, dengan dilakukannya giat ekspor di kawasan berikat ini, dalam meningkatkan devisa negara khususnya di bidang ekspor sekaligus meningkatkan lapangan kerja di wilayah Bantul, Yogyakarta,” pungkas Aryani.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023