Palembang (ANTARA) - Kontingen Jawa Tengah(Jateng) memimpin sementara perolehan medali dalam kejuaraan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX pada hari kedua atau Kamis, dengan raihan 12 medali emas, empat perak, dan dua medali perunggu.

Raihan tersebut berdasarkan data peraihan medali Peparpenas X/2023 Palembang, Sumatera Selatan, hingga pukul 17.59 WIB.

Kemudian, pada posisi kedua diiringi oleh kontingen Papua dengan raihan enam medali emas, tiga medali perak, dua perunggu, lalu Jawa Timur berada posisi ketiga dengan raihan enam medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu.

Sementara itu, kontingen Sumatera Selatan sebagai tuan rumah saat ini berada posisi tujuh dengan raihan dua medali perak serta satu perunggu.

Peparpenas 2023 yang berlangsung sejak tanggal 2 hingga 5 Agustus 2023 itu mempertandingkan enam cabang olahraga seperti atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, catur, dan boccia yang diikuti 711 atlet dari 26 provinsi.

Pada satu hari jelang penutupan, para atlit Jateng mengumpulkan enam medali emas. Jumlah perolehan medali emas Jateng di nomor itu paling banyak.

Untuk informasi, Peparpenas tercatat telah terselenggara sebanyak sepuluh kali. Sebelumnya Peparpenas bernama Pekan Olahraga Pelajar Cacat Nasional atau Popcanas.

Edisi pertama Popcanas dihelat di Jakarta pada 2003. Setelah itu pesta olahraga tersebut berlangsung setiap dua tahun sekali, sebelum pada edisi keenam namanya diganti menjadi Peparpenas.

Peparpenas edisi terakhir berlangsung di Jakarta pada 2019. Kemudian edisi 2021 tidak dapat diselenggarakan karena hantaman pandemi COVID-19.

Pada Peparpenas edisi terakhir, kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara dengan raihan 20 medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu. Jatim unggul jauh atas pesaing terdekatnya, Jawa Tengah, dengan raihan 12 medali emas, delapan medali perak, dan empat medali perunggu.
Baca juga: Enam atlet paraatletik Peparpenas X/2023 pecahkan rekor
Baca juga: Jateng panen emas di pararenang Peparpenas X/2023
Baca juga: Banyak rekor para atletik pecah di Peparpenas X/2023
Baca juga: Menpora Dito resmi buka Peparpenas X/2023 di Palembang

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023