Beijing (ANTARA) - Industri robot China mempertahankan ekspansi yang stabil pada paruh pertama (H1) tahun ini, demikian disampaikan seorang pejabat di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Produksi robot industri China mencapai 222.000 set yang meningkat 5,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), sementara produksi robot layanan mencapai 3,53 juta set yang naik 9,6 persen dari tahun lalu, kata Wang Hong, seorang pejabat di kementerian itu.

"Industri robot China telah mencapai perkembangan yang stabil dan sehat dan telah menjadi tulang punggung industri robot global," ujar Wang.

Di China, robot industri kini banyak digunakan dalam industri kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV), fotovoltaik, dan baterai litium.

Robot layanan telah diaplikasikan dalam industri medis dan kesehatan, konstruksi, perawatan warga lanjut usia (lansia), dan industri-industri lainnya dalam skala besar. Robot khusus memainkan peran yang semakin penting dalam penyelidikan ilmiah dan penyelamatan darurat.

Di masa depan, China akan lebih lanjut meningkatkan kemampuan inovasi industrinya, dan mendorong pengembangan industri robot yang berkualitas tinggi," imbuh Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023