Jakarta (ANTARA/JACX) – Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS telah menandatangani piagam berisi dukungan terhadap Anies Baswedan pada Maret 2023.

Sebuah unggahan YouTube menarasikan bahwa Golkar telah resmi mendeklarasikan bergabung ke Koalisi Perubahan bersama NasDem, Demokrat dan PKS pada Juli 2023.

Thumbnail dalam video tersebut memperlihatkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto sedang menandatangi sebuah dokumen didampingi Surya Paloh dan elit partai.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Selamat buat Anies !! ketum Golkar tandatangani surat kesepakatan dengan Nasdem,pks & Demokrat....”

Namun, benarkah Partai Golkar resmi bergabung ke Koalisi Perubahan pada Juli 2023?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Golkar resmi bergabung ke Koalisi Perubahan pada Juli 2023. Faktanya, belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto pada thumbnail video tersebut merupakan editan. Foto Surya Paloh memeluk Anies Baswedan merupakaan saat setelah NasDem mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden di Pilpres 2024, Oktober 2022 lalu.

Narator juga membacakan artikel dari Merdeka.com yang berjudul “Wacana Golkar Gabung Koalisi Perubahan, NasDem: Kekuatan Bertambah Besar”. Dalam artikel yang diunggah pada Maret 2023 menarasikan Airlangga hadir dalam acara buka puasa bersama elite Koalisi Perubahan di NasDem Tower 25 Maret lalu.

Dalam acara tersebut juga hadir, Senior Golkar Jusuf Kalla, Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan bakal capres, Anies Baswedan.

Pada Rabu (2/8) lalu, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa partainya tidak akan mendukung bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pemilihan Umum Presiden 2024, dilansir dari ANTARA.

Dengan demikian, klaim Golkar resmi bergabung ke Koalisi Perubahan pada Juli 2023 merupakan keliru.

Klaim: Golkar resmi bergabung ke Koalisi Perubahan pada Juli 2023

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Anies dan Airlangga deklarasi sebagai pasangan Pilpres 2024 pada 6 Juni

Cek fakta: Disinformasi! Surya Paloh bubarkan Partai NasDem

Baca juga: Tiga ketua dewan Golkar tegaskan dukung Airlangga dan tolak munaslub

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023