Memang dalam masterplan di jalur selatan Jawa Barat itu rencananya dibangun secara bertahap Jalan Tol Getaci dari Gedebage ke Tasikmalaya sampai Cilacap kemudian hingga ke Yogyakarta
Cibadak, Kabupaten Sukabumi, J (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) dapat terkoneksi secara bertahap hingga Yogyakarta dalam rencana induk atau masterplan.

"Memang dalam masterplan di jalur selatan Jawa Barat itu rencananya dibangun secara bertahap Jalan Tol Getaci dari Gedebage ke Tasikmalaya sampai Cilacap kemudian hingga ke Yogyakarta," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna di sela-sela acara peresmian Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong - Cibadak di Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat.

Herry mengatakan, pembangunan jalan tol ini dilakukan secara bertahap dengan pembangunan Tol dari Yogyakarta ke New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulonprogo dan pembangunan Tol Getaci dari Gedebage sampai ke wilayah Ciamis terlebih dahulu.

"Untuk proyek pembangunan Jalan Tol Getaci sampai Ciamis dalam persiapan lelang," katanya.

Proyek Jalan Tol Gedebage - Ciamis merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Getaci yang membentang dari Gedebage sampai dengan Cilacap.

Proyek Tol Getaci sampai Ciamis ini berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo - Yogyakarta - Solo.

Jalan Tol Getaci adalah jalan tol yang termasuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Barat, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021, Proyek Tol Getaci juga merupakan salah satu infrastruktur yang perlu dibangun untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan Jawa Barat bagian Selatan.

Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkapkan sejumlah investor tertarik dalam market sounding proyek Jalan Tol Getaci, seperti dua investor asal China yang menyatakan minatnya secara langsung dan ada juga investor lokal seperti Jasa Marga dan sebagainya yang melirik proyek tol tersebut.

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol Bocimi dapat dilanjutkan ke Padalarang

Baca juga: PUPR: Penyesuaian harga rumah subsidi perlu diikuti perbaikan kualitas

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023