Lokasi kebakaran di jalur pendakian Aik Berik. Selanjutnya kita menunggu informasi tim pemadaman setelah sampai di lokasi kebakaran hutan
Mataram (ANTARA) - Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menurunkan petugas pemadaman kebakaran hutan di kawasan taman nasional tersebut, tepatnya di sekitar Kawasan Bukit Kondo, Desa Aik Berik, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala TNGR Lombok Dedy Asriady di Mataram, Jumat, mengatakan, menindaklanjuti laporan warga perihal titik api dan pantauan asap di dalam kawasan yang diduga berada di daerah sekitar Bukit Kondo, petugas telah diturunkan untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran di kawasan tersebut.

"Tim pemadaman telah diberangkatkan menggunakan transportasi mobil dan motor," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan setelah itu melakukan persiapan logistik, peralatan, dan anggota tim pemadaman, dengan mengumpulkan anggota Pokdarling Umar Maye sejumlah tujuh orang sebagai anggota tim pemadaman.

Baca juga: Kawasan hutan di TN Gunung Rinjani Lombok terbakar

"Lokasi kebakaran di jalur pendakian Aik Berik. Selanjutnya kita menunggu informasi tim pemadaman setelah sampai di lokasi kebakaran hutan," katanya.

Sebelumnya kawasan hutan TNGR mengalami kebakaran dan api terlihat menjalar sehingga menimbulkan kepulan asap. Dedy Asriady selaku Kepala TNGR mengakui kebakaran tersebut dan belum bisa memastikan penyebab kebakaran. 

Ia mengatakan kebakaran itu terlihat dari rekaman CCTV. "Petugas sedang menuju TKP untuk memadamkan api dan untuk mengetahui penyebab kebakaran," katanya.

Sampai berita ini diturunkan, nyala api masih menyala dan petugas dari TNGR bersama BPBD sedang menuju lokasi kebakaran.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran di kawasan Gunung Rinjani
Baca juga: 12 hektare hutan di kawasan Gunung Rinjani tebakar



 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023